Ini Kinerja Polres Baubau Selama Tahun 2020

210
Ini Kinerja Polres Baubau Selama Tahun 2020
KINERJA 2020 - Kapolres Baubau, Sultra, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, didampingi jajarannya memaparkan kinerja selama tahun 2020. Mulai dari penindakan hingga prestasi, Kamis (31/12/2020). (RISNO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Kepolisian Resor (Polres) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memaparkan kinerja selama tahun 2020. Mulai dari penindakan hingga pencapaian atau prestasi.

Polres menyebut telah banyak berperan menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) di Kota Baubau, Kabupaten Buton Tengah, dan sebagian wilayah Kabupaten Buton Selatan – Kecamatan Kadatua dan Batu Atas. Polres Baubau juga banyak menyebut menindaki kriminalitas.

Namun lebih dari itu, di bidang pembinaan sumber daya manusia terdapat fakta yang mungkin mengecewakan. Ada juga yang membanggakan.

Untuk fakta mengecewakan, enam orang penyidik di Sat Reskrim Polres Baubau disanksi mendapat pembinaan karena melanggar disiplin Polri.

Enam penyidik tersebut diduga memanfaatkan posisinya untuk meminta proyek dari pemerintah daerah di wilayah hukum Polres Baubau. Lima dari enam orang penyidik itu telah disanksi, sementara satu lainya masih tahap proses penyelesaian perkara di Kepolisian Daerah (Polda) Sultra.

“Mereka diberi sanksi teguran keras dengan konsekuensi tidak akan dipromosikan selama waktu yang ditentukan. Sudah ada beberapa orang yang telah sidang dan telah mendapat sanksi,” ujar Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari saat jumpa pers, Kamis (31/12/2020).

Informasi pelanggaran disiplin ini sedikit sulit diperoleh. Namun, Aku Rio, dirinya tidak menjelaskan terkait adanya pelanggaran itu saat ditanyai wartawan karena waktu itu sedang dalam proses di Polda Sultra. Kasus ini sendiri mulai bergulir pada Juli 2020 lalu.

Sedangkan fakta menggembirakan, satu orang Babinkambtibmas di Polsek Kadolomoko, Brigpol Rabodding, mendapat pin emas (tiket pendidikan angkatan 50 tahun 2021) dari Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Diketahui Raboding merupakan Babinkabtimas yang telah melayani La Udu sehingga mendapat kehidupan yang layak. La Udu adalah lansia yang ditemukan telah puluhan tahun tinggal di dalam goa pinggir pantai di Kota Baubau.

“Prestasi tersebut diberikan atas dedikasinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah binaannya,” sebut Rio.

Selain dua fakta itu, tahun 2020 ini Polres Baubau kembali berhasil meraih prestasi pengelolaan keuangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau. Ada lima prestasi keuangan yang disebutkan Rio yang diterima oleh Polres Baubau secara kelembagaan.

Di bidang pelayanan, tahun ini Polres Baubau berhasil meraih penghargaan dari Kementerian PAN-RB. Sebagai satuan zona integritas – Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK). (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini