Ini Sejumlah Program yang Akan Dijalankan Dinas PUTR Konkep Tahun 2022

164
Sekretaris Dinas PUTR Konkep, Munandar Mucharam
Munandar Mucharam

ZONASULTRA.COM, LANGARA– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah mempersiapkan 9 program yang akan dijalankan pada tahun 2022 ini. Satu di antaranya merupakan penunjang dari 8 program lainnya.

Kepala Dinas PUTR Konkep, Harsin Abdul Rahim melalui Sekretaris Dinas PUTR Konkep, Munandar Mucharam mengatakan 9 program yang akan dijalankan itu memuat 44 item, termasuk kegiatan pemeliharaan rutin tahunan.

“Penunjang urusan Pemerintah, pengelolaan sumber daya air, pengembangan sistem air limbah, pengembangan sistem drainase, penataan bangunan gedung, penyelenggaraan jalan, pengembangan jasa konstruksi, dan penyelenggaraan penataan ruang,” urai Munandar Mucharam kepada Zonasultra.com, Jumat (22/04/2022) di Langara.

Pada program teknis yakni pengelolaan sumber daya air terdapat 3 titik kegiatan berupa normalisasi sungai, pembangunan talud, dan saluran pembuang. Untuk sektor irigasi, berupa pemeliharaan rutin dan berkala jaringan irigasi.

“Kemudian program teknis selanjutnya yaitu program pengembangan sistem penyediaan air minum, di tahun 2022 terdapat 7 titik pembangunan atau peningkatan sistem penyediaan air minum,” tuturnya.

Pada program pengembangan dan pengelolaan sistem air limbah, kegiatannya berupa pembangunan tangki septik individual di empat titik atau direncanakan untuk empat desa di daerah itu.

Program teknis selanjutnya yakni pengelolaan dan pengembangan sistem drainase, berupa pembangunan saluran drainase di15 titik atau di 15 desa. Selain itu, penataan bangunan gedung, kegiatan lanjutan pembangunan kantor bupati.

“Selain penataan gedung, terus program penyelenggaraan jalan, biasanya kegiatannya ada dua yaitu jalan dan jembatan. Untuk jalan sendiri pengaspalannya di empat ruas, terus 5 titik pembangunan peningkatan jalan desa,” tuturnya.

Item selanjutnya yakni pemeliharaan rutin jalan kabupaten. Kemudian jembatan, terdapat 5 unit penggantian, selain itu, pemeliharaan rutin untuk jembatan di daerah itu.

Kemudian, pada pengembangan jasa konstruksi, berupa kegiatan peningkatan kapasitas pelaku konstruksi dan program penyelenggaraan penataan ruang. Kegiatannya berupa penyiapan dokumen perencanaan ruang sebagai tindak lanjut dokumen RTRW.

“Di DPA dinas untuk tahun 2022 kurang lebih sekitar Rp71 miliar untuk mendanai 9 program yang ada di dinas. PUTR sendiri, terdapat 4 bidang dan 1 sekretariat, dan nominal itu sudah termasuk dengan gaji di dalamnya,” imbuh dia. (B)

 


Kontributor: Arjab Karim
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini