Jadi Tuan Rumah KSM Nasional 2023, Jajaran Kemenag Sultra Siap Beri yang Terbaik

Jadi Tuan Rumah KSM Nasional 2023, Jajaran Kemenag Sultra Siap Beri yang Terbaik
Kakanwil Kemenag Sultra, Muhamad Saleh (Tengah) saat memberikan arahan pada rapat persiapan pemantapan KSM Nasional di Sultra 2023.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) siap memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2023 yang akan terselenggara pada 3 hingga 7 September 2023.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Muhamad Saleh mengatakan, persiapan panitia sudah dilakukan secara maksimal dan terus berjalan dengan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

“Sekarang sudah 90 persen. H-1 kami pastikan sudah ready semua baik di arena pembukaan di balai kota, tempat lomba, ekspo dan talk show di gedung perpus internasional dan GOR,” ucapnya di Kendari pada Rabu (30/8/2023).

BACA JUGA :  Kapolda Sultra Lantik 267 Bintara Muda Angkatan 50

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Kemenag Sultra terus berkolaborasi dengan kemenag kabupaten kota serta seluruh kepala madrasah yang ada di Sultra.

Pada pembukaan KSM, Kemenag Sultra akan menampilkan salah satu kebudayaan tradisional Sultra yaitu pakande-kandea untuk memberikan kesan kepada tamu undangan dari 33 provinsi di Indonesia bahwa sampai hari ini Sultra masih memelihara kearifan lokalnya.

Kata Saleh, penampilan salah satu tradisi lokal tersebut juga sebagai bentuk penguatan program moderasi beragama di Kemenag yang salah satu indikatornya yaitu menerima tradisi-tradisi yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA :  Peringatan Hari Juang, 500 Personel TNI AD Lakukan Donor Darah di Korem 143 HO

Pada pelaksanaan KSM nasional 2023 di Sultra, peserta diperkirakan sekitar 1.500 orang yang terdiri dari peserta penuh dan peserta penggembira.

Untuk peserta penuh, setiap provinsi akan mengutus 22 orang delegasinya yang terdiri dari 11 peserta dan 11 pendamping.

“Peserta penggembira juga diisi oleh pejabat-pejabat Kemenag tiap-tiap provinsi dan masyarakat lainnya untuk memeriahkan kegiatan,” tutur Saleh. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini