ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Pertamina memastikan seluruh SPBU menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen SPBU, selama bepergian pada masa libur Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi Covid-19.
Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan perayaan Natal dan Tahun Baru biasanya banyak dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk pulang ke kampung halaman ataupun berlibur ke tempat wisata bersama keluarga.
Tentunya, moda transportasi darat menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam bepergian selama masa libur ini. Untuk itu, di SPBU sendiri, Pertamina menerapkan protokol kesehatan yang telah berlaku semenjak munculnya wabah Covid-19.
“Kami melakukan disinfeksi berkala di semua fasilitas SPBU, pengecekan suhu tubuh bagi operator di awal shift kerja, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SPBU, serta penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi seluruh operator SPBU yang bertugas,” terang Laode melalui rilis, Kamis (24/12/2020).
Di samping itu, sebagai upaya untuk meminimalisir penularan virus Covid-19, Pertamina mengajak masyarakat untuk melakukan transaksi secara non tunai (cashless) menggunakan aplikasi MyPertamina.
Seperti diketahui, penggunaan benda-benda yang disentuh oleh banyak orang, termasuk uang tunai, baik kertas atau logam, sebaiknya dikurangi pada kondisi pandemi seperti ini.
“Alasannya, virus penyebab Covid-19 ini bisa saja berpindah dari tangan satu orang ke orang lain melalui uang tunai,” ujar Laode.
Laode menambahkan selain dapat membantu meminimalisir resiko penularan virus, bertransaksi secara non-tunai menggunakan aplikasi MyPertamina sangat menguntungkan pelanggan.
Kata dia, terdapat promo harga lebih hemat Rp250,- per liter bagi masyarakat yang membeli Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite menggunakan aplikasi MyPertamina sampai dengan 31 Desember 2020.
“Kami harapkan dengan pelayanan yang prima dan mematuhi protokol kesehatan, masyarakat dapat dengan nyaman berlibur selama Natal dan Tahun Baru,” tambahnya.
Tidak lupa juga, Pertamina mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker selama berada di SPBU Pertamina maupun selama bepergian.
Apabila masyarakat menemukan SPBU yang tidak menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, Pertamina membuka layanan konsumen 24 jam yang dapat dihubungi melalui Pertamina Call Center 135, email [email protected] atau melalui sosial media resmi Pertamina (Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn @pertamina). (b)