Jemaah Haji Asal Kendari Meninggal di Makkah, Ini Penyebabnya

116
JCH Asal Wakatobi yang Meninggal di Makassar Dimakamkan Hari Ini
Ilustrasi

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Seorang jemaah haji asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Makkah pada 29 Juni 2023.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Sultra Marni melalui Penanggung jawab/Subkor Akamodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji Bidang PHU, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra, Erna Kemala Raden mengatakan bahwa Almarhum (Alm) adalah Zakaria Sidik yang bedomisili di Jalan Laute III, nomor 5B, Kecamatan Mandonga.

“Jemaah asal Kendari Kloter 42. Beliau berangkat ke tanah suci bersama istri,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya pada Senin (3/7/2023).

BACA JUGA :  UPT Perpustakaan UMW Kendari Gelar Bedah Buku Penelitian Kualitatif

Ia mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari dokter yang membersamai kloter 42 mengatakan bahwa pria berusia 59 tahun tersebut mempunyai riwayat penyakit sakit jantung dan diabetes.

Ia dinyatakan meninggal dunia pada pukul 18.46 Waktu Arab Saudi (WAS) pada saat bersiap melakukan lempar jumrah. Kata Erna, almarhum Zakaria masih sempat melakukan kegiatan tersebut sebelum akhirnya meninggal dunia.

Sesuai laporan yang dibuat oleh dokter yang menyertai rombongan kloter 42, Zakaria meninggal dunia disebabkan oleh gagal jantung. Penyakit yang diderita ada 2 yaitu chronik iskhemik heart diseasia (penyakit jantung) dan DM (gula).

BACA JUGA :  Per 9 Januari 2024, Dinkes Catat 63 Kasus DBD Terjadi di Kendari

Untuk diketahui, jenazah almarhum Zakaria Sidik tidak bisa dibawa pulang dan dimakamkan di Makkah, Arab Saudi. Rombongan kloter 42 mendapat nomor keberangkatan 2 yang diketuai oleh Abbas Rauf Rani dan ketua rombongan berangkat Muhammad Tufaila Hemon.

Almarhum Zakaria Sidik bernomor porsi 2400031045 dengan nomor paspor E3248835 yang berangkat ke Arab Saudi pada 21 Juni 2023 pukul 13.50 Wita dan dijadwalkan kembali pada 12 Agustus 2023 pukul 00.20 wita. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini