Kader Posyandu di Konut Ikut Pelatihan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak

42
Kader Posyandu di Konut Ikut Pelatihan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak
Dinas Kesehatan Konawe Utara (Konut) menggelar pelatihan pemantuan tumbuh kembang bagi kader di tingkat desa tahun 2023 di desa Samasubur, Kecamatan Motui, Konut, pada Jumat (20/10/2023).

ZONASULTRA.ID, WANGGUDU – Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar pelatihan pemantauan tumbuh kembang bagi kader posyandu di tingkat desa tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di 13 kecamatan yang ada di Konut, yaitu Kecamatan Wiwirano, Andowia, Asera, Langgikima, Landawe, Lasolo, Lasolo Kepulauan, Lembo, Molawe, Motui, Oheo, Sawa, dan Wawolesea.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kader posyandu, guru-guru PAUD/TK/RA, dan sebanyak 21 petugas Dinkes Konut.

Kepala Bidang Kesmas Dinkes Konut Tuti menjelaskan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan individu para kader posyandu dalam melakukan pemantauan tumbuh kembang pada anak.

BACA JUGA :  Petugas SPBU Wanggudu Raya Kedapatan Isi Pertalite ke Jeriken dalam Mobil

“Kami lakukan ini untuk memberikan sebuah penyegaran lagi bagi para kader posyandu,” katanya saat memberikan pelatihan di Desa Samasubur, Kecamatan Motui, pada Jumat (20/10/2023)

Ia menyebutkan, petugas Dinkes Konut memberikan pelatihan bagi para kader posyandu berupa pengisian KMS dan masalah meja 1, 2, 3, 4, 5. Artinya langkah awal untuk melakukan pemantauan tumbuh kembang anak dalam pendaftaran, penimbangan, penyuluhan, pengobatan, dan pemberian pengobatan.

BACA JUGA :  Petugas SPBU Wanggudu Raya Kedapatan Isi Pertalite ke Jeriken dalam Mobil

“Jadi kami berikan beberapa materi agar para kader posyandu bisa melaksanakan fungsi dan tanggung jawab masing-masing,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan ini juga merupakan program dari Dinkes Konut dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Konut. Kemudian kegiatan ini dilaksanakan tiap tahun agar SDM di Konut semakin meningkat.

“Saya harap dengan pelatihan ini para kader posyandu yang ada di Konut bisa memahami materi-materi yang didapat dan SDM semakin meningkat,” tambahnya. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini