Kadin Sultra Dorong Pengusaha untuk Ekspor Produk Lokal

107
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi prosedur ekspor komoditas pertanian pada Sabtu (11/2/2023) di salah satu hotel di Kendari. (Foto : Ismu/zonasultra.id)
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi prosedur ekspor komoditas pertanian pada Sabtu (11/2/2023) di salah satu hotel di Kendari. (Foto : Sutarman/zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID,KENDARI – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi prosedur ekspor komoditas pertanian pada Sabtu (11/2/2023) di salah satu hotel di Kendari.

Dalam sosialisasi itu, turut menjadi narasumber Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Karantina Pertanian Kendari serta Bea Cukai Kendari.

Wakil ketua Kadin Sultra, Suwandi Andi mengatakan, bahwa pihaknya selalu mendorong pelaku usaha untuk melangkah lebih maju.

Kata dia, Kadin Sultra terus berkomitmen untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui UMKM yang mempunyai produk skala ekspor baik lokal maupun internasional.

“Kami selalu mengawal produk lokal yang ada di Sultra untuk bisa diekspor,” kata Suwandi Andi.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sultra Muslimin M menjelaskan sebagai bagian dari pemerintahan, mereka siap mengawal seluruh produk lokal yang dikembangkan UMKM di Sultra.

“Kami akan menjadi fasilitator bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspor barang keluar negeri”, ucapnya.

Ia menuturkan bahwa dukungan itu dengan membantu pelaku usaha untuk menerbitkan surat keterangan asal yang nantinya akan digunakan saat ekspor.

Selain itu, juga terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM yang ada di Sultra. (C)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini