Karya Bakti TNI 2023, Kodim Kendari Gandeng Berbagai Unsur Tanam 2 Ribu Bibit Pohon

Karya Bakti TNI 2023, Kodim Kendari Gandeng Berbagai Unsur Tanam 2 Ribu Bibit Pohon
Kodim Kendari bersama seluruh jajaran TNI, Polri, BUMN, Pemkot Kendari, Basarnas serta organisasi seperti FKPPI maupun PPM melakukan penanaman 500 bibit pohon di area kolam retensi boleovard Kendari pada Jumat (8/12/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Memperingati Karya Bakti TNI 2023, Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari menggandeng berbagai unsur untuk melakukan penanaman 2 ribu bibit pohon di berbagai titik di Kota Kendari.

Sebagai awal pelaksanaan, Kodim Kendari bersama seluruh jajaran TNI, Polri, BUMN, Pemkot Kendari, Basarnas serta organisasi seperti FKPPI maupun PPM melakukan penanaman 500 bibit pohon di area Kolam Retensi Bouleolvard Kendari pada Jumat (8/12/2023).

Komandan Kodim (Dandim) 1417 Kendari, Kolonel Czi Bintarto JY mengatakan, penanaman 2 ribu pohon tersebut akan dilakukan secara bertahap di beberapa titik di Kota Kendari.

“Nanti tiap minggu kita tentukan lokasi masing-masing. Untuk saat ini kita di kolam retensi Boulevard. Penanaman pohon ini untuk masa depan anak cucu kita,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bengkel OtoXpert Resmi Hadir di Kendari

Jenis pohon yang ditanam bermacam-macam, mulai dari trumbesi, pohon buah-buahan, dan pohon keras lainnya. Ia harap dengan penanaman pohon tersebut dapat menyerap air, sehingga curah hujan yang tinggi dapat disalurkan dalam tanah untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.

Selain penanaman pohon, pada karya bakti 2023, Kodim Kendari bersama unsur lainnya juga telah melakukan pembersihan Pasar Mandonga dengan luas kurang lebih 5 hektare, dan pembersihan Sungai Korumba dengan panjang kurang lebih 500 meter.

Dandim mengaku bahwa kegiatan tersebut dilakukan guna mengantisipasi wabah penyakit yang mungkin terjadi akibat musim penghujan yang sudah mulai datang.

BACA JUGA :  KNPI Kendari Siap Gelar Musda XIII

“Saat ini sudah ada beberapa laporan dari rumah sakit sudah ada beberapa anak-anak yang terjangkit demam berdarah, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan dapat merangsang masyarakat untuk melaksanakan kebersihan di lingkungannya masing-masing,” tambah Dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) LHK Kendari, Paminuddin mewakili Pemkot Kendari serta masyarakat mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang telah menggagas kegiatan penanaman pohon maupun pembersihan pasar dan drainase.

“Tentu Pemkot sangat mendukung sekaligus menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Oleh karenanya, ke depan tidak hanya di tempat ini tapi kita ingin menyeluruh di wilayah Kota Kendari kita turut memperhatikan lokasi yang berpotensi menimbulkan bencana,” tuturnya. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini