Keliru, Video Presiden Jokowi Persatukan Tiga Calon Presiden

111
Keliru, Video Presiden Jokowi Persatukan Tiga Calon Presiden
Tangkapan layar video di grup Facebook “WUNA FORUM” pada Sabtu (17/2/2024) yang menarasikan Presiden Jokowi mempersatukan ketiga calon presiden.

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebuah postingan di grup Facebook “WUNA FORUM” pada Sabtu (17/2/2024) menarasikan bahwa Presiden Jokowi mempersatukan ketiga calon presiden yakni Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Konten video tersebut pertama kali diposting di Reels pada 13 Februari 2024. Kemudian postingan di reels tersebut dibagikan ke grup Facebook warga Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni “WUNA FORUM” pada 17 Februari 2024.

Konten video tersebut disertai tulisan “Lagi capek capek nya mau pilih 1 2 3 tiba-tiba lihat pade Jokowi persatukan mereka bertiga”.

*Hasil Cek Fakta

Cek Fakta Zonasultra.id melakukan penelusuran dan menemukan bahwa video tersebut identik dengan pertemuan Presiden Jokowi ketika santap siang bersama tiga calon presiden yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies pada Senin, 30 Oktober 2023.

BACA JUGA :  Cek Fakta: Keliru Video Buah Salak Impor dari Cina Berisi Sabu-sabu

Mengutip presidenri.go.id, Sebelum bertemu Presiden Jokowi, ketiga capres tampak berbincang di ruang tunggu tamu Istana Merdeka. Ketiganya tampak kompak mengenakan batik lengan panjang.

Tak berselang lama, ketiganya bersalaman dengan Presiden Jokowi yang kemudian mengajak mereka untuk menuju ruang makan. Keempatnya lantas duduk melingkar di hadapan sebuah meja makan bundar dengan beragam menu yang telah tersaji.

Pada saat pertemuan itu terjadi belum ada pengundian nomor urut calon presiden. Diberitakan detikNews, nomor urut Capres-Cawapres Pilpres 2024 didapat berdasarkan pengundian 14 November 2023 malam di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat. Hasilnya, pasangan Anies-Cak Imin mendapat nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3.

BACA JUGA :  Benar, Klaim Ganjar Soal Cegah Stunting Dapat Dilakukan dengan Memberikan Gizi Sejak dalam Kandungan atau Ibu Hamil

Dari penelusuran Zonasultra.id, setelah 30 Oktober 2023 hingga 17 Februari 2024 tidak ada lagi pertemuan makan siang bersama antara Presiden Jokowi dan ketiga calon presiden.

*Kesimpulan

Verifikasi Zonasultra.id menemukan bahwa video Presiden Jokowi yang makan siang dengan ketiga calon presiden disebarkan dengan narasi yang keliru. Saat Jokowi makan siang dengan ketiga calon presiden belum ada nomor urut dalam pemilihan presiden. Setelah pertemuan makan siang itu belum ada lagi pertemuan lanjutan yang mempertemukan keempatnya dalam satu meja makan.

*Rujukan

 


Reporter: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini