Kelulusan 76 Siswa MAN IC Angkatan V Resmi Dikukuhkan

99
Kelulusan 76 Siswa MAN IC Angkatan V Resmi Dikukuhkan
Pengukuhan 76 siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) angkatan ke-V tahun 2023.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 76 siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) angkatan V tahun 2023 resmi dikukuhkan kelulusannya di Aula MAN IC Kendari pada Kamis (8/6/2023).

Kepala MAN IC Kendari Muhammad Naim mengatakan, dari 76 siswa tersebut, beberapa telah diterima di perguruan tinggi nasional jalur prestasi. Ia mengatakan prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa MAN IC Kendari tidak lepas dari proses yang diberikan tenaga pendidik kepada siswanya selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

“Kami di MAN IC Kendari itu punya program unggulan yang terkait dengan akademik. Ada PANTAS, BISA dan RASA,” ucap Naim.

Ia menjelaskan bahwa bentuk kegiatan dari program Peningkatan Mutu Akademik Siswa (Pantas) adalah klinik mata pelajaran untuk kelas X dan XI di tiap sorenya dan bimbingan masuk perguruan tinggi untuk kelas XII.

Kelulusan 76 Siswa MAN IC Angkatan V Resmi Dikukuhkan
Pemberian sertifikat siswa berprestasi pada pengukuhan kelulusan siswa MAN IC Kendari.(Ismu/Zonasultra.id)

Selanjutnya, program pengembangan Bakat Minat Siswa (BISA) adalah pemberian wadah untuk siswa agar bisa berprestasi di bidang nonakademik. Serta program Guru Asuh Siswa Asuh (RASA) sebagai penopang kedua program sebelumnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, Muhammad Shaleh mengatakan, warga Sultra harus bersyukur karena ada MAN IC di Sultra yang terus komitmen mendorong peningkatan mutu, kualitas pendidikan dan pembelajaran madrasah.

Pasalnya, tidak semua daerah di Indonesia memiliki MAN IC. Kata dia, sarana dan prasarana pembelajaran madrasah utamanya di MAN IC Kendari menjadi salah satu faktor yang mendorong kualitas alumninya.

“Dan kita bersyukur, di MAN IC Kendari telah menindaklanjuti dan melaksanakan program Kemenag tentang pelaksanaan transformasi layanan digital di bidang pendidikan Madrasah,” ungkapnya.

Lanjut Shaleh, tiga tahun yang diperoleh siswa di MAN IC belum cukup. Olehnya itu, ia berpesan kepada 76 siswa yang telah lulus tersebut untuk tidak berpuas diri atas apa yang diperoleh dan menjadikan sebagai modal awal untuk melangkah lebih jauh ke depan.

Sementata itu, Pj Wali Kota Kendari yang diwakili oleh Asisten III Sekda Kendari, Makmur mengapresiasi kegiatan pengukuhan kelulusan siswa MAN IC Kendari tersebut. Kata Makmur, beberapa catatan positif Pemkot Kendari terhadap sekolah tersebut di antaranya banyak prestasi yang ditorehkan, sementara baru berdiri sekitar 7 atau 8 tahun yang lalu.

Kelulusan 76 Siswa MAN IC Angkatan V Resmi Dikukuhkan
Foto bersama siswa-siswi berprestasi MAN IC Kendari.(Ismu/Zonasultra.id)

“Sudah menorehkan banyak prestasi di tingkat regional, nasional maupun internasional. Kita harap ke depannya MAN IC lebih meningkatkan lagi kemampuan dan kapasitasnya sehingga kualitas lulusan semakin baik,” ucapnya.

Kepada siswa yang telah dikukuhkan kelulusannya, ia harap dapat menjaga nama baik almamater dan bangga menjadi bagian MAN IC Kendari di mana pun berada, selalu mengembangkan diri sehingga bisa menambah Indeks Pengembangan Manusia (IPM) di Sultra dan Kendari khususnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini