Kemenag Sultra Berhasil Kumpulkan Rp1,28 Miliar untuk Palestina

9
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Muhamad Saleh
Muhamad Saleh

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara (Kanwil Sultra) berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp1,28 miliar untuk korban tragedi kemanusiaan di Palestina.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Muhamad Saleh mengatakan, donasi tersebut berasal dari seluruh jajaran Kemenag Sultra mulai dari kanwil, kemenag kabupaten kota, madrasah hingga KUA yang tersebar di seluruh wilayah Sultra.

“Donasi tersebut telah dikirimkan untuk membantu kebutuhan warga Palestina. Semua ini sebagai bentuk solidaritas kita, dan kita niatkan semata-mata untuk saudara-saudara kita yang mengalami tragedi kemanusiaan di Palestina,” ungkapnya di Kendari pada Sabtu (2/12/2023).

Kata Saleh, total donasi yang dimaksud terkumpul melalui dua tahapan. Tahap pertama, Kemenag Sultra berhasil mengumpulkan Rp800 juta, dan tahap kedua sebesar Rp487 juta melalui rekening donasi Palestina Kanwil Kemenag Sultra.

Atas capaian itu, Saleh mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag Sultra dan berharap donasi tersebut bisa membantu warga Palestina yang terdampak, khususnya untuk kebutuhan makanan dan kesehatan.

Mantan Kabid Madrasah Kemenag Sultra itu juga menegaskan bahwa tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina adalah imbas dari konflik politik antara Palestina dan Israel, bukan dipicu oleh masalah agama.

Untuk itu, selaku Kakanwil Kemenag Sultra, ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap harmonis dalam kehidupan bermasyarakat di tengah kemajemukan. Kata dia, masyarakat Indonesia khususnya di Sultra harus tetap mengedepankan moderasi beragama agar hubungan sosial tetap harmonis.

“Dengan moderasi beragama menjadi program yang terus digaungkan oleh Kementerian Agama RI, kita harus selalu menjaga kerukunan dan toleransi. Masyarakat Indonesia khususnya di Sultra harus hidup secara moderat karena memiliki masyarakat yang beragam latar belakang,” pungkasnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini