Kendari dan Konsel Jadi Daerah dengan Kasus DBD Tertinggi di Sultra per Januari 2024

58
Kendari dan Konsel Jadi Daerah dengan Kasus DBD Tertinggi di Sultra per Januari 2024
dr. Muhammad Ridwan

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadi daerah dengan kasus demam berdarah dengue (DBD) tertinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra) per 9 Januari 2024.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, dr Muhammad Ridwan, mengatakan, pihaknya mendata sebanyak 116 kasus DBD telah terjadi di wilayah Sultra per 1 hingga 9 Januari 2024.

“Kasus tertinggi berada di Kota Kendari dengan 61 kasus terlapor baik di RS Bahteramas, RS kota maupun fasilitas pelayanan kesehatan yang ada,” ungkapnya di Kendari pada Rabu (9/1/2024).

BACA JUGA :  Dorong Peningkatan Kualitas Event Pariwisata, Dispar Sultra Launching KEN 2024

Setelah Kendari, posisi kedua yang menonjol adalah Konsel sebanyak 25 kasus. Berikutnya, Kolaka 7 kasus, Bombana 7, Konawe 6, Wakatobi 4, Buton Utara (Butur) 2, Kota Baubau 2, Kolaka Utara (Kolut) 1, dan Muna 1 kasus.

Wilayah lainnya yaitu Buton, Konut, Koltim, Konkep, Mubar, Buteng, dan Busel hingga saat ini belum ada laporan masuk terkait adanya korban DBD. Ridwan menyebut bahwa angka tersebut sifatnya tentatif dan kapan saja bisa ada penambahan jumlah kasus.

BACA JUGA :  Daftar Figur yang Berpotensi Maju Pilgub Sultra 2024

Kasus DBD dikatakannya berkaitan dengan pola hidup bersih dan sehat. Untuk itu, sebelum masuk musim penghujan masyarakat diimbau untuk waspada akan DBD tersebut dengan menjaga lingkungan tempat tinggalnya agar selalu bersih. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini