Kesbangpol Tengah Persiapkan Paskibraka yang akan Wakili Sultra ke Istana

Kesbangpol Tengah Persiapkan Paskibraka yang akan Wakili Sultra ke Istana
Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra.

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah menyiapkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan mewakili Sultra untuk tampil di istana pada HUT RI nantinya.

Kepala Kesbangpol Sultra Harmin Ramba mengatakan, perwakilan Sultra yang akan diutus sebanyak dua orang, laki-laki dan perempuan. Saat ini telah mencuat empat nama yang sementara dalam proses seleksi untuk menentukan dua terbaik.

“Sekarang kita lagi seleksi akhir pembekalan. Dari empat ini siapa yang terbaik,” ungkapnya di Kendari pada Jumat (7/7/2023).

BACA JUGA :  Bank Sultra Catat Pencapaian Laba Tertinggi, Konsisten dalam Ekspansi dan Inovasi

Empat calon paskibraka nasional tersebut di antaranya 2 orang berasal dari Kota Baubau, 1 orang dari Buton dan 1 orang dari Konawe.

Harmin belum bisa menyebutkan nama dari calon paskibraka nasional tersebut karena belum ditandatangani oleh Gubernur Ali Mazi.

Harmin mengatakan, proses seleksi paskibra provinsi maupun nasional telah dilakukan sejak Juni 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang dari 17 kabupaten kota. Dari 80 orang, pihaknya menyaring menjadi 52 orang yang terdiri dari 50 paskibraka provinsi dan 2 paskibraka nasional.

BACA JUGA :  Sultra Jadi Tuan Rumah Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2023

Sebagai penghargaan atas prestasi 2 calon paskibraka nasional yang akan digugurkan pada pengerucutan 4 kandidat menjadi dua kandidat, keduanya otomatis menjadi paskibraka provinsi dengan posisi pembawa baki sembari menjadi cadangan dari dua yang lolos di pusat jika terjadi sesuatu.

Harmin berharap dua paskibraka utusan Sultra di istana nanti bisa diposisikan sebagai pembawa baki. Untuk itu, pihaknya terus memberikan pelatihan dan pendampingan yang intens kepada para calon tersebut, bahkan akan dikawal sampai ke pusat nanti.

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini