KKN Tematik UHO 2023, Perkuat Pembelajaran Bahasa Inggris Bernuansa Ekonomi Kreatif

100
KKN Tematik UHO 2023, Perkuat Pembelajaran Bahasa Inggris Bernuansa Ekonomi Kreatif
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Halu Oleo (UHO) 2023 di Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). (C2/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Halu Oleo (UHO) 2023 dilaksanakan di Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

KKN Tematik UHO 2023 tersebut diikuti 16 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). KKN Tematik tersebut sudah terlaksana sejak dua minggu lalu akan berlangsung selama satu bulan.

Ketua Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Aderlaepe mengatakan, KKN tematik UHO 2023 mengangkat tema “Pembelajaran Bernuansa Ekonomi Kreatif Dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas Masyarakat Sipil Kelurahan Pesisir”.

“Adapun program kerja yang mereka miliki adalah sinergi bersama aparat Pemerintah Kelurahan Kendari Caddi kota Kendari,” katanya saat ditemui di kelurahan Kendari Caddi, pada Minggu (13/8/2023).

Ia mengungkapkan, program utama dari KKN Tematik ini ada dua yakni, pertama melaksanakan program mengajar di sekolah dan target akhirnya menghasilkan aplikasi pembelajaran bernuansa ekonomi kreatif.

Program kedua mengarahkan pada mahasiswa untuk memetakan potensi pengembangan ekonomi kreatif secara berkelanjutan masyarakat di Kelurahan Kendari Caddi, apalagi sekarang ini ekonomi kreatif sedang digenjot oleh pemerintah pusat.

Untuk itu, target akhir yang akan dihasilkan dalam program KKN tematik ini ada dua, yakni aplikasi pembelajaran bahasa Inggris bernuansa ekonomi kreatif dan peta potensi pengembangan ekonomi kreatif di Kelurahan Kendari Caddi secara berkelanjutan.

“Berdasarkan target tersebut, maka program KKN Tematik UHO 2023 diarahkan untuk mencapai kedua target itu,” kata Aderlaepe, yang juga Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHO.

Di samping itu, ada program tambahan yakni membantu Pemerintah Kelurahan Kendari Caddi dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI.

“Kami harapkan mahasiswa yang mengikuti KKN ini bisa terbentuk jiwa kreatifitasnya, sehingga kalau sudah tamat kuliah menjadi sarjana pendidikan tidak semata-mata berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau P3K, tetapi ketika mereka kembali ke desanya menjadi pioner pengembangan ekonomi kreatif di desanya masing-masing, dan menjadi guru yang profesional,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Kendari Caddi, Muh. Syahlan Jaya Negara mengatakan, adanya KKN Tematik UHO 2023 sangat membantu pihaknya, apalagi di momen memperingati HUT ke-78 RI.

“Mahasiswa KKN Tematik UHO 2023 terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan menyambut HUT ke-78 RI di Kelurahan Kendari Caddi,” katanya.

Kata dia, program-program mahasiswa KKN Tematik UHO 2023 sudah beberapa kali dibahas bersama ketua DPL yang berkaitan dengan ekonomi kreatif, khususnya di Kelurahan Kendari Caddi.

Ia juga mengatakan, dengan adanya program ekonomi kreatif ini bisa berkolaborasi antara masyarakat dengan pemerintah kelurahan Kendari Caddi dan keterlibatan mahasiswa KKN tematik UHO 2023.

“Harapan kami dengan adanya program ekonomi kreatif oleh KKN tematik UHO 2023 ini bisa bermanfaat dan berdampak ekonomi khususnya warga kelurahan Kendari Caddi,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kehadiran KKN Tematik UHO 2023 yang berasal dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan program belajar bahasa Inggris pada anak-anak dapat bermanfaat. (*)

Kontributor: C2
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini