KPK Minta Pembangunan Kantor Gubernur Sultra Diefisienkan, dari 23 Lantai Jadi 8 Lantai

PIC Korsup Wilayah IV KPK RI, Tri Budi Rochmanto
Tri Budi Rochmanto

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengefisienkan pembangunan kantor Gubernur Sultra dari 23 lantai menjadi 8 lantai saja.

PIC Korsup Wilayah IV KPK RI, Tri Budi Rochmanto mengatakan, proyek strategis yang deviasi minesnya tinggi harus segera dilakukan mitigasi agar akhir selesainya pekerjaan tidak mangkrak.

“Kita juga menyampaikan ke DPRD bahwa ada bangunan kantor gubernur, coba cari langkah yang paling efektif dan efisien. Apakah tetap 23 (lantai) atau misalkan ini 8 tapi jadi gitu. Bisa fungsional, seperti itu,” ungkapnya dalam audiensi bersama DPRD Sultra di Rujab Gubernur Sultra pada Rabu (6/9/2023)

Kata Tri Budi, berdasarkan hasil audiensi tersebut DPRD sepakat bangunan itu bisa efisien dan fungsional agar tidak terjadi potensi permasalahan ke depannya.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Sultra Ingatkan Pentingnya Toleransi pada Pemilu 2024

Menurutnya, langkah baik untuk membangun 8 lantai terlebih dahulu untuk fungsional, selebihnya jika memang harus ditambah bisa dilakukan lagi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada mengaku memang ada kekhawatiran dengan pembangunan tersebut. Pasalnya, semua aset daerah harus bermanfaat.

“Sehingga kita juga melihat bahwa ini barang memang sesuai sarannya juga tadi dari KPK, jangankan 8 lantai, 5 lantai saja sebenarnya sudah cukup. Karena ada juga kekhawatiran kita bahwa kepala daerah berikutnya jangan sampai tidak ada perhatian ke sana. Nanti itu menjadi kegiatan yang mangkrak,” tuturnya.

Nursalam mengatakan bahwa bangunan itu harus berfungsi dan tidak boleh jadi bangunan yang terbengkalai. Untuk itu, DPRD Sultra akan membicarakan itu dengan kepala daerah untuk mengetahui seperti apa kelanjutan bangunan-bangunan yang jadi pekerjaan Ali Mazi yang belum terselesaikan.

BACA JUGA :  Pj Bupati Kolaka Utara dan Buton Resmi Dilantik

Untuk diketahui, kantor Gubernur Sultra yang baru tersebut dicanangkan setinggi 112,6 meter dengan 23 lantai dan dibangun dengan teknik pembangunan menggunakan sistem hidrolik atau injeksi.

Ada sekitar 800 titik tiang pancang yang terpasang untuk menahan bangunan kantor baru ini. Total keseluruhan dari pembangunan ini sekitar Rp300 miliar, dan diperkirakan akan selesai 2 tahun lagi atau sampai 2025.

Pembangunan kantor gubernur baru ini mengusung konsep minimalis modern dengan luas lahan 14,7 hektare yang bakal berdiri kokoh tepat di belakang gedung lama. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini