KPU Konut akan Rekrut 1.820 Petugas KPPS

38
KPU Konut akan Rekrut 1.820 Petugas KPPS
Kantor Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut) menggelar rapat koordinasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilihan umum 2024 tingkat Kabupaten Konut di salah satu hotel Konut, pada Selasa (5/12/2023).

ZONASULTRA.ID, WANGGUDU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi persiapan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024, di salah satu hotel di Konut, Selasa (5/12/2023).

Ketua KPU Konut Abd Makmur mengatakan, perekrutan KPPS ini merupakan tantangan besar. Sebab, mereka adalah ujung tombak hasil pemilu nanti.

“Dalam perekrutan KPPS ini harus benar benar orang yang dipercaya masyarakat, itu sudah setengah kesuksesan Pemilu 2024. Oleh karena itu, kita harus rekrut orang-orang yang tidak perlu lagi dipertanyakan oleh masyarakat,” katanya.

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Konut Minta ASN Bersikap Netral

Ia menyebutkan KPU Konut akan menerima sebanyak 1.820 KPPS dengan rincian 7 orang per TPS dari jumlah sebanyak 260 TPS. Kemudian calon petugas KPPS harus memenuhi persyaratan sesuai dengan PKPU Nomor 8 tahun 2022 sehingga pemilu berlangsung dengan jujur dan adil, sesuai dengan asas pemilu yang berlaku.

Kasubag Hukum dan SDM KPU Konut, Nasrulah, menambahkan, rekrutmen petugas KPPS ini dilakukan secara terbuka melalui pendaftaran yang merupakan kewenangan PPS.

BACA JUGA :  11 Perusahaan di Konut Berikan Bantuan ke Korban Banjir

Atas dasar itu KPU Konut secara rasional mencoba menghadirkan nuansa yang baru demi melahirkan kelompok penyelenggara pemungutan suara.

Adapun syarat perekrutan petugas KPPS sebagai berikut kecukupan umur, berpendidikan, dan yang paling penting adalah tidak menjadi anggota politik. Jadwal perekrutan petugas KPPS pada 11 hingga 15 Desember 2023. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini