KSOP Kendari Prediksi Lonjakan Arus Mudik 29 April 2022

KSOP Kendari Prediksi Lonjakan Arus Mudik 29 April 2022
Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari menyiapkan 43 armada kapal laut menghadapi lonjakan penumpang pada mudik lebaran 2022.(Ismu/Zonasultra.com)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari menyiapkan 43 armada kapal laut dalam menghadapi lonjakan penumpang pada mudik lebaran 2022.

Kepala KSOP Kelas IIA Kendari, Agus Winarto mengatakan bahwa dari total yang disiapkan tersebut yang beroperasi saat ini sebanyak 27 kapal. Dari jumlah tersebut pun belum ada laporan yang over load atau melebihi kapasitas.

“27 itu sudah termasuk feri yah. Dan kondisi lonjakan penumpang sampai saat ini belum terjadi,” ucapnya di Kendari pada Senin (25/4/2022) kemarin.

Hal tersebut melenceng dari prediksi yang diperkirakan lonjakan terjadi pada H-7 lebaran. Ia menyatakan bahwa kemungkinan lonjakan besar terjadi pada 29 April 2022. Terkait hal tersebut, pihaknya sudah melakukan antisipasi.

Sementara itu, untuk menciptakan kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Polresta Kendari telah menyiagakan sebanyak 25 personil di KP3 ditambah dengan personil TNI AL dan pihak Kodim 1417.

Anggota KP3 Kendari, Abdullah mengatakan bahwa, hal tersebut dilakukan untuk menjaga rasa aman kepada penumpang yang akan naik maupun turun dari kapal. Pihak kepolisian juga melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang ataupun benda tajam yang akan dibawa menyeberang.

KSOP Kendari Prediksi Lonjakan Arus Mudik 29 April 2022
Foto bersama Saat Reses Ridwan Bae bersama KSOP Kelas II A Kendari, Pelindo, BMKG, dan KP3 di pelabuhan Nusantara pada Senin (25/4/2022).(Ismu/Zonasultra.com)

“Dari awal puasa kita sudah lakukan cipta kondisi yang rutin, bahkan sampai dengan hari ini masih terus dilakukan,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie Mengatasi bahwa berdasarkan hasil observasi, BMKG memprediksi tinggi gelombang di perairan Sultra tingginya masih di bawah 1 meter.

“Dalam mudik lebaran 2022, kami mengimbau setiap operator kapal untuk memastikan dan mengupdate informasi cuaca kepada kami sebelum keberangkatan,” tutupnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini