Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Tim Penilai Kunjungi Mokoau

Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Tim Penilai Kunjungi Mokoau

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi, dalam hal ini tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penilaian terhadap Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari pada Senin (10/7/2023).

Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan, La Ode Muhammad Sya’ban Hidayat Rasjid mengatakan bahwa Kelurahan Mokoau merupakan perwakilan Kota Kendari dari total 3 kelurahan dan 7 desa yang mengikuti lomba tersebut.

“Kami tidak hanya mencari juara di lomba ini, namun lebih cenderung membina pemerintah desa dan kelurahan untuk kembali menata pemerintahannya agar menjadi lebih baik,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Mentan Amran Ajak Insan Pertanian Sultra Lanjutkan Swasembada

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa DPMD Sultra tersebut mengatakan bahwa ada tiga indikator penilaian dalam lomba kelurahan tersebut yaitu tata kelola pemerintahan, penataan kewilayahan, dan pengembangan lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Tim penilai juga mengejar penilaian tambahan seperti nilai-nilai dari inovasi yang dikembangkan oleh pemerintah desa maupun kelurahan. Terlebih menurutnya, masyarakat perkotaan harusnya memiliki inovasi yang lebih banyak dan lebih baik dari pada kelurahan-kelurahan di kabupaten.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kolaborasi, Konsul-Jenderal Australia Kunjungi Kendari

“Untuk kelurahan ini yang terakhir atau ke-3 kita lakukan penilaian, sementara kalau desa ada 7,” tambahnya.

Usai penilaian, tim akan memberikan usulan nama-nama juara untuk diikutkan dalam lomba desa/kelurahan tingkat regional oleh Kemendagri.

Lurah Mokoau Aswan mengaku bahwa pihaknya telah mempersiapkan perlombaan tersebut sejak dua bulan lalu. Ia harap, dengan adanya kegiatan ini Kelurahan Mokoau bisa lebih dikenal di berbagai daerah.

“Insyaallah, optimis kami akan juara,” tegasnya. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini