Mabesal Dorong Lanal Kendari Maksimalkan Pelayanan Masyarakat Pesisir

34
Mabesal Dorong Lanal Kendari Maksimalkan Pelayanan Masyarakat Pesisir
Foto bersama usai pembukaan sosialisasi dan pelatihan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik di Mako Lanal Kendari pada Rabu (20/9/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) mendorong Pangkalan AL (Lanal) Kendari untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat pesisir dan maritim melalui sosialisasi dan pelatihan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik di Mako Lanal Kendari pada Rabu (20/9/2023).

Pabandya Kommas Ban IV Spotmaral Mabesal, Letkol Laut Ferry Tabas mengatakan, kegiatan tersebut digelar agar seluruh personel Lanal Kendari bisa mendapat manfaat melalui teori dan praktik pelatihan yang diberikan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para personel bisa memberikan pelayanan kepada organisasi, masyarakat sekitar maupun pemerintah di jajaran Pemkot Kendari ataupun Pemprov Sultra,” ungkapnya.

BACA JUGA :  UPT Perpustakaan UMW Kendari Gelar Bedah Buku Penelitian Kualitatif

Kesempatan yang sama, Komandan Lanal (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan, pihaknya menyambut positif tim Mabesal yang datang memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada prajurit yang terdiri dari Srena Mabesal, Spersal, dan Spotmaral.

Abdul Kadir mengatakan bahwa sosialisasi tersebut terkait sosialisasi dan pelatihan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik. Ada tiga aspek yang dilaksanakan yaitu aspek zona integritas dan pelayanan publik, pelayanan terhadap masyarakat pesisir, dan bantuan hukum.

“Hal ini menjadi penting, karena selama ini dianggap kita sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan. Namun masih perlu ditingkatkan, meskipun keberadaannya sudah dirasakan manfaatnya namun dirasa masih kurang maksimal. Artinya, SDM dari Prajurit dan staf di Lanal Kendari perlu ditingkatkan,” tutur Abdul Kadir.

BACA JUGA :  Mahasiswa KKN Tematik UMW Fokuskan Wilayah Pesisir dan Pertambangan

Ia mengaku bahwa pihaknya akan berfokus pada penajaman kinerja Babinpotmal untuk mampu memahami permasalahan yang ada pada masyarakat pesisir. Seperti bantuan apa yang dibutuhkan nelayan, dan bagaimana peningkatan kesehatannya.

“Jika di situ belum terjangkau maka akan dimaksimalkan,” ujar Abdul Kadir. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini