Mahasiswa KKN UHO Rintis Perpustakaan Desa Tanea, Diresmikan Kepala Dinas Perpustakaan Sultra

Mahasiswa KKN UHO Rintis Perpustakaan Desa Tanea, Diresmikan Kepala Dinas Perpustakaan Sultra
Peresmian perpustakaan Desa Tanea, Konda, Konawe Selatan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nur Saleh, di aula Desa Tanea, Minggu (3/9/2023). (C2/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Saleh meresmikan perpustakaan Desa Tanea di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada Minggu (3/9/2023).

Perpustakaan desa tersebut merupakan program strategis dari mahasiswa peserta pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari 2023 di Desa Tanea.

Perpustakaan ini dibentuk atas kerja sama dengan pengelola posyandu setempat sehingga perpustakaan ini ditempatkan di gedung Posyandu Desa Tanea.

Ada sekitar 460 koleksi buku, antara lain buku pertanian, buku cerita rakyat, buku perikanan, buku kebudayaan, dan buku-buku populer lainnya.

BACA JUGA :  FMAP: Penggusuran Paksa di Kendari Bentuk Pemiskinan Struktural dan Pelanggaran HAM

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nur Saleh mengaskan, perpustakaan desa diatur dalam Undang-Undang (UU) Perpustakaan.

Katanya, apa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UHO ini telah mewujudkan dan merealisasikan UU tersebut. Hal itu juga merupakan perwujudan mahasiswa sebagai agen perubahan.

Oleh karen itu, Nur Saleh berterima kasih kepada Rektor UHO yang telah menempatkan mahasiswanya untuk mewujudkan UU tersebut.

Nur Saleh melanjutkan, di dalam perpustakaan terdapat simbol pendidikan yang tidak memandang batas usia.

Perpustakaan mengantar masyarakat untuk menjadikan manusia menemukan jati dirinya.

“Tugas kita adalah bagaimana mengambil bagian untuk membantu masyarakat menemukan jati dirinya untuk meningkatkan literasi yang sebenarnya,” kata Nur Saleh.

BACA JUGA :  2 Siswa SDN 61 Kendari Raih Sejumlah Medali di Bidang Olahraga

“Percayalah orang besar karena literasi yang bagus, literasi memfasilitasi mengenal potensi diri semua orang,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian ini Kepala Desa Tanea beserta aparat desa serta dosen pembimbing KKN, Prof Hanna.

Kepala Desa Tanea Sarmin berterima kasih karena KKN tahun ini betul merealisasikan program strategisnya melalui peresmian perpustakaan desa.

Sementara Prof. Hanna mengatakan, peran perpustakaan adalah mewujudkan masyarakat cerdas dan inovatif sehingga meningkatkan taraf hidup.

Kata dia, negara-negara maju hebat karena kemauan masyarakat belajar membaca dan mewujudkan hasil bacaannya. (*)

Kontributor: C2
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini