Maksimalkan Peran Perpustakaan, UMW Teken MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra

125

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dalam upaya untuk memaksimalkan peranan perpustakaan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, melakukan pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Senin (10/6/2024).

Dalam pendatanganan MoU ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nur Saleh dengan Rektor UMW Kendari, Ratna Umi Nurlila didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMW, Toto Surianto, beserta Humas, Kepala Perpustakaan dan Staf Perpustakaan UMW Kendari.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMW Kendari, Toto Surianto mengatakan tentang kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan perpustakaan UMW Kendari berbasis inklusif sosial.

“Selain pendatanganan MoU, dilanjutkan dengan MoA antara kepala perpustakaan UMW, Sri Mulyani, dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra,” katanya melalui pesan Whattsap, Selasa (11/6/2024).

Ia menyebutkan bahwa dalam MoU ini ada beberapa tujuan lainnya yaitu perkembangan sistem informasi di perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, perkebangan sumber daya manusia bidang perpustakaan, dan pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan

Lanjut, perhimpunan dan pelestarian cipta karya rekam, promosi minat baca dan penelitian karya ilmia, dan segenap acivitas akademika UMW untuk melakukan pembinaan perpustakaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

“Ini dilakukan karena kedepannya perpustakaan UMW, menbutuhkan pendampingan, dan pembinaan terkait dengan bagimana idealnya perpustakaan,” bebernya

Ia berharap dengan dilakukan kerjasama ini, para mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa berkunjung ke perpustakaan nasional, yang bisa mengakses buku-buku, mendapat referensi, dan kegiatan lainnya berkaitan dengan peningkatan minat baca mahasiswa.

Kepala Perpustakaan UMW, Sri Mulyani menambahkan kerjasama ini bisa memberikan akses yang seluas-luasnya antara perpustakaan perguruan tinggi dalam hal ini universitas mandala waluya dengan perpustakaan provinsi Sultra.

Kata dia, kerjasama antara kedua belah pihak untuk dapat saling bertukar informasi, memperluas akses dan pemanfaatan sumber informasi yang ada di perpustakaan dan ilmu pengetahuan untuk mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi .

“Diharapkan kedepannya antara perpustakaan provinsi dan perpustakaan UMW, dapat saling bersinergi,” tambahnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini