Masyarakat Wakatobi Terpukau Atraksi Udara TNI di Puncak Hari Nusantara 2022

115
Masyarakat Wakatobi Terpukau Atraksi Udara TNI di Puncak Hari Nusantara 2022
ATRAKSI UDARA-Masyarakat suku Bajo menyaksikan dari atas laut atraksi udara pesawat tempur Sukhoi Flanker 27/30 AU.

ZONASULTRA.ID, WANGIWANGI– Masyarakat di Pulau Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpukau oleh aksi Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada acara puncak Hari Nusantara 2022 yang dihelat di Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangiwangi, Selasa, (13/12/2022).

Aksi itu berupa atraksi lima paramotor yang sejak jam 08.00-10.00 wita berlalu lalang di udara masing-masing membawa terbang bendara Merah Putih, Angkatan Udara (AU), bendera federasi Aero Sport Indonesia, bendera Provinsi Sultra dan bendera Kabupaten Wakatobi.

Masyarakat juga dihibur dengan parade 9 kapal perang republik indonesia (KRI), aksi free fall gabungan dari komando pasukan katak (Kopaska) dari TNI angkatan laut (AL) dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU dan Parade 1.000 perahu nelayan lokal Wakatobi.

Selain itu, masyarakat Wakatobi juga dipukau oleh atraksi fly pass empat pesawat Sukhoi Flanker 27/30 AU.

BACA JUGA :  Presiden Joko Widodo Resmikan KSPN Wakatobi, Begini Harapannya

Masyarakat Wakatobi Terpukau Atraksi Udara TNI di Puncak Hari Nusantara 2022

Salah seorang warga Mandati Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel) Dian mengungkapkan, sejak pagi jam 07.30 wita dia bersama keluarganya sudah di venue acara puncak Hari Nusantara di Marina Togo Mowondu.

“Tiga hari berturut-turut kami disini menyaksikan parade kapal perang, terjun payung dan atraksi pesawat tempur. Di Kapal dr. Soeharso juga kita pergi, disana anak-anak diberikan edukasi tentang sejarah lahirnya Hari Nusantara dan pengenalan terhadap kapal-kapal perang Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya sudah hampir 18 tahun Wakatobi mekar, baru kali ini ada acara yang menampilkan banyak hiburan untuk masyarakat terutama membangkitkan jiwa patriotisme anak-anak.

Masyarakat Wakatobi Terpukau Atraksi Udara TNI di Puncak Hari Nusantara 2022

“Barusan kali ini ada acara begini, tidak bisa dipungkiri Bupati Haliana jelas upayanya untuk menghadirkan acara-acara nasional di daerah. Itu terbukti, dalam satu tahun ini bisa pusatkan dua kegiatan nasional di Wakatobi. Harapan kita tahun depan Wakatobi bisa jadi tuan rumah lagi di acara yang lain, kalau bisa acara berkelas dunia,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pesawat Airbus 320-200 NEO Segera Mengudara di Wakatobi

Seorang warga asal Desa Waginopo Kecamatan Wangiwangi, La Aru mengatakan acara beberapa hari ini di Marina Togo Mowondu mereka saksikan melalui puncak Toliamba.

Masyarakat Wakatobi Terpukau Atraksi Udara TNI di Puncak Hari Nusantara 2022
Nampak macet akses masuk lewat pasar Marina yang dipadati oleh masyarakat yang hendak menyaksikan puncak acara Hari Nusantara di Wakatobi.

“Karena hari ini puncak acara, anak-anak di rumah mengajak nonton. Luar biasa acaranya, baru kali ini kita melihat langsung atraksi pesawat tempur, terjun payung dan kapal perang yang banyak di Wakatobi. Kita terhibur melihat fenomena langka seperti ini, kalau bisa sering-sering ada acara begini, karena anak-anak senang menyaksikan,” harapnya. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini