Minum Kopi Pahit Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Penjelasannya

40
Minum Kopi Pahit Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Penjelasannya
Ilustrasi

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Tak hanya mencegah kantuk, minum kopi pahit ternyata dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun, apakah minum kopi pahit bisa menurunkan gula darah? Ternyata, efek kafein pada kopi akan berbeda-beda pada masing-masing orang.

Beberapa orang tidak akan mengalami efek yang serius dan akan memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah ketika minum kopi. Namun, beberapa penderita diabetes diimbau untuk tidak minum kopi secara berlebihan karena kafein dapat berdampak negatif pada sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Melansir laman Kompas.com, orang dewasa sehat yang minum kopi sekitar tiga hingga empat cangkir sehari tidak mengalami perubahan kadar gula darah yang signifikan. Bahkan, minum kopi hitam tanpa gula secara rutin sudah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Meskipun begitu, kafein di dalam kopi dapat memengaruhi kerja insulin sehingga memicu kenaikan atau penurunan kadar gula darah. Beberapa penderita diabetes yang minum satu cangkir kopi hitam, atau sekitar 240 mililiter, akan mengalami efek ini.

Beberapa penderita diabetes dapat mengalami peningkatan kadar gula darah sebesar delapan persen atau lebih setelah minum kopi. Kafein di dalam kopi akan menurunkan sensitivitas insulin sehingga sel-sel tubuh tidak dapat menyerap gula dari darah setelah makan atau minum sehingga kadar gula darah akan meningkat.

Namun, efek ini akan berbeda untuk masing-masing orang sehingga Anda diimbau untuk memeriksa kadar gula darah di dalam tubuh secara rutin, khususnya sebelum dan setelah minum kopi pahit.

Anda yang mengalami peningkatan atau penurunan kadar gula darah yang signifikan setelah minum kopi pahit diimbau untuk membatasi konsumsi kafein per hari atau memilih jenis kopi tanpa kafein.

Pasalnya, gula darah tinggi yang berlangsung secara terus-menerus dan tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti kerusakan saraf dan penyakit jantung.

Adapun batas konsumsi kafein per hari sebesar 200 miligram atau sekitar satu hingga dua cangkir kopi dapat memengaruhi kadar gula darah. Meskipun begitu, efek ini akan berbeda pada masing-masing orang sehingga Anda perlu memperhatikan reaksi tubuh setelah minum kopi.

Anda yang mengidap diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk mengetahui efek kafein pada tubuh. Anda dapat memeriksa kadar gula darah di pagi hari setelah minum teh atau kopi dan menghentikan konsumsinya selama beberapa hari.

Bandingkan hasil yang keluar sehingga Anda bisa mengetahui apakah kafein memengaruhi kadar gula di dalam tubuh. Memahami apakah minum kopi pahit bisa menurunkan gula darah atau tidak, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Ketika kopi yang diminum membuat Anda kesulitan untuk mengatur kadar gula darah, Anda diimbau untuk membatasi atau minum kopi tanpa kafein. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini