Minus Tiga Daerah, Berikut Daftar Balon Usungan PAN di Pilkada Serentak Sultra

1269
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Shaleh
Abdurrahman Shaleh

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Amanat Nasional (PAN) telah menetapkan sejumlah nama bakal calon (balon) kepala daerah yang akan maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Sulawesi Tenggara (Sultra). Sejumlah calon ini merupakan kader PAN.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan, dari tujuh daerah di Sultra yang menyelenggarakan Pilkada, PAN telah mendorong kadernya untuk maju di empat daerah yakni Buton Utara (Butur), Muna, Konawe Utara (Konut), dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Di Butur, PAN mengusung pasangan Ridwan Zakaria – Ahali. Ridwan merupakan mantan Bupati Butur periode 2011-2016. Ridwan juga merupakan kader dan mantan Ketua DPD PAN di daerah itu.

Sementara di Pilkada Muna, PAN mendorong dr. Baharuddin. Ia merupakan mantan Bupati Muna periode 2010-2015 dan juga mantan Ketua DPD PAN Muna. Di Konut PAN mendorong Wakil Bupati Raup, yang juga Ketua DPD PAN di daerah itu. Sedangkan Konkep, PAN mengusung Musdar.

Untuk tiga daerah lainnya, yakni Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), dan Wakatobi, PAN belum menyebutkan nama calon yang diusung. Hanya saja, kata Rahman, sudah ada beberapa kader yang disiapkan, tinggal menunggu hasil survei.

“Kita mempersiapkan beberapa kader yang didorong. Mudah-mudahan minggu depan sudah ada nama-nama kader yang muncul di permukaan,” katanya di Sekretariat DPRD Sultra, Jumat malam (19/6/2020).

Ketua DPRD Sultra itu menuturkan, semua partai termasuk PAN pasti menghendaki kadernya dan pilihan yang dikehendaki masyarakat untuk diusung di pilkada. Olehnya itu, ia berharap kader bisa memberikan elektabilitas kontribusi sekaligus penerimaan di masyarakat.

Sementara terkait surat rekomendasi usungan di pilkada, Rahman mengungkapkan, akan dikeluarkan beberapa pekan ke depan. Sebab, mengeluarkan surat rekomendasi, calon yang diusung sudah harus memiliki pasangan.

Kata dia, saat ini pihaknya lagi mengkaji dan melakukan survei terhadap balon yang diusung di pilkada tujuh daerah. Saat ini juga pihaknya masih terus membangun komunikasi politik dengan partai politik lain. Sebab, tidak semua daerah PAN punya kursi signifikan untuk mengusung balon kepada daerah.

“Kita lagi lakukan survei, tapi saya belum bisa ungkapkan hasilnya. Hanya ada satu kabupaten yang bisa diungkapkan yakni di Butur. Di sana hasil survei Ridwan Zakaria memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan calon lain. Begitupun di Muna, dokter (Baharuddin) masih memiliki penerimaan tertinggi di masyarakat, makanya kita baru mengeluarkan surat tugas di Butur dan Muna,” kata Rahman. (b)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini