Novia Jushu Ramadhani, Finalis Duta Maritim Asal Wakatobi

71
Novia Jushu Ramadhani, Finalis Duta Maritim Asal Wakatobi
DUTA MARITIM - Novia Jushu Ramadhani "Kawasan Tanpa Rokok dan Sampah Plastik” di kawasan ikonik Jakarta, yaitu sepanjang Jalan Monas hingga Sarinah pada 13 Agustus 2023

ZONASULTRA.ID, JAKARTA – Novia Jushu Ramadhani adalah finalis Duta Maritim Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara yang telah mengambil inisiatif dalam kampanye “Kawasan Tanpa Rokok dan Sampah Plastik” di kawasan ikonik Jakarta, yaitu sepanjang Jalan Monas hingga Sarinah.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya perempuan asal Wakatobi ini untuk membangkitkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan maritim Indonesia. Kampanye itu dilakukannya pada 13 Agustus 2023 lalu.

Dengan latar belakang sebagai pemuda yang peduli terhadap lingkungan, Novia menyadari bahwa pencemaran lingkungan, termasuk akibat dari pembuangan sampah rokok dan plastik, dapat merugikan kehidupan bawah laut yang begitu berharga.

Ia merasa penting mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan rokok serta limbah plastik dan menyadari dampak negatifnya terhadap lautan yang kaya akan keanekaragaman hayati.

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

“Kita tidak boleh melupakan betapa berharganya lautan bagi negara kita. Keindahan alam dan keberagaman hayati yang kita miliki adalah harta yang perlu kita jaga bersama. Kampanye ‘Kawasan Tanpa Rokok dan plastik’ ini adalah langkah awal kita untuk merawat lingkungan yang kita cintai,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Novia Jushu Ramadhani, Finalis Duta Maritim Asal Wakatobi
Novia Jushu Ramadhani bersama Bupati Wakatobi Haliana ketika pembukaan Sekolah Duta Maritim Indonesia Angkatan 3 pada 11 Agustus 2023.

Novia Jushu Ramadhani adalah contoh nyata bahwa generasi muda yang memiliki peran penting dalam membangun kesadaran akan perlunya pelestarian lingkungan maritim. Melalui kampanye ini, ia telah membuktikan bahwa tindakan nyata dapat dimulai dari setiap individu.

Ia berharap semoga inisiatif ini menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk berkontribusi dalam menjaga keindahan dan keberlanjutan alam laut Indonesia.

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

Novia merupakan finalis yang saat ini ikut Sekolah Duta Maritim Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perkumpulan/Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) selama 7 hari (11-17 Agustus 2023) di Jakarta Pusat.

Pembukaan Sekolah Duta Maritim Indonesia Angkatan 3 bersamaan dengan Perayaan HUT ASPEKSINDO yang ke-6 yang bertempat di Gedung Nusantara V MPR/DPR RI pada 11 Agustus 2023 lalu.

Kini Novia sudah memasuki hari ke-5 karantina dalam kegiatan tersebut. Sebelum dinyatakan lolos mewakili Sultra ia sudah melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat yaitu seleksi berkas, esai, video vlog, wawancara, dan voting social media. (*)

 


Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini