Nyaris Tak Terlaksana Karena Anggaran, Festival Adat Kerajaan Nusantara Berlangsung Sukses

Nyaris Tak Terlaksana Karena Anggaran, Festival Adat Kerajaan Nusantara Berlangsung Sukses
FOTO BERSAMA -Sejumlah pemangku adat nusantara menghadiri FAKN II di Kabupaten Wakatobi. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) II di Wakatobi sukses terselenggara di pelataran Marina Togo Mowondu, Sabtu (9/12/2023). Event itu dihadiri sekira 92 anggota dewan kerajaan nusantara.

Sebelumnya event ini nyaris tak terlaksana karena tidak ada penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Wakatobi tahun 2023.

Acara itu tetap terlaksana berkat upaya Bupati Wakatobi Haliana yang meminta kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia (RI) Muhadjir Effendy untuk memberi penguatan kepada Wakatobi sebagai tuan rumah pelaksanaan FAKN II.

BACA JUGA :  Bantuan Gedung Beku Portabel di Kampung Bajo Wakatobi Resmi Diuji Coba

Bupati Wakatobi Haliana menjelaskan dasar itulah yang menguatkan kemudian dia meminta ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar anggaran pelaksanaan FAKN II bisa diakomodir lewat Peraturan Kepala Daerah (Perkada) Perubahan tahun 2023.

Kata Haliana, Wakatobi selain Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) juga sebagai Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif. Sebagai bentuk penguatan pariwisata maupun budaya, sehingga diharapkan ada suatu wadah yang bisa menghimpun secara besar budaya-budaya itu.

BACA JUGA :  Bupati Wakatobi Lantik 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

“Alhamdulillah beliau menyetujui, sebenarnya kita ingin merangkai acara-acara di Wakatobi dari bulan ke bulan. Supaya setiap bulan ada event lokal maupun nasional yang bisa kita gelar. Sehingga akan berdampak pada sosial ekonomi, kultur kita di Wakatobi secara signifikan sekaligus menjual dan promosi pariwisata kita,” tuturnya. (B)

Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini