Pembangunan Kantor Nasdem Konsel Pakai Konstruksi Tahan Gempa Karya Anak Sulawesi

144
Pembangunan Kantor Nasdem Konsel Pakai Konstruksi Tahan Gempa Karya Anak Sulawesi
Pembangunan Kantor Nasdem Konsel Pakai Konstruksi Tahan Gempa Karya Anak Sulawesi

ZONASULTRA.ID,KENDARI– Pembangunan Kantor DPD Nasdem Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berlokasi di Kecamatan Andoloo menggunakan inovasi konstruksi tahan gempa bernama Higofiad Earthquake Resistant Building (HERB).

Inovasi ini merupakan gagasan dan riset dari Ahli Konstruksi dan Ilmuwan Lembaga Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) Piter Higo bersama Jaman Fiad yang sebelumnya telah diterapkan pada beberapa pembangunan gedung lainnya dari 2011.

Ia mengatakan, konstruksi HERB dapat menjaga mutu hasil pekerjaan, jauh lebih aman, tahan dan kokoh terhadap gempa hingga magnitudo 8.

Selain itu, lebih efisien terhadap nilai Value Enggineering dibanding konstruksi konvensional yang selama ini digunakan.

“Konstruksi HERB dapat memberikan perlindungan keselamatan kepada penggunanya. Menghindari biaya perbaikan pascagempa bumi,” kata Piter saat ditemui di lokasi pembangunan, Rabu (19/4/2023).

Bukan hanya itu, usia rencana konstruksi HERB juga jauh lebih lama bertahan dibandingkan konstruksi konvensional serta bisa mengurangi biaya pemeliharaan konstruksi.

Secara struktur dalam pembangunan kantor tersebut tidak memakai kolom tengah dengan bentang lebar 10,5 meter tetapi sangat cukup aman dalam memikul beban baik beban struktur itu sendiri atau disebut beban mati juga sanggup memikul beban hidup, beban angin maupun beban gempa bumi.

“Pengerjaannya juga ditangani oleh rekanan kontraktor Mahardika Manggala Nusantara yang bergerak pada spesialis konstruksi inovasi,” ujarnya.

Piter menjelaskan yang merupakan inovasinya pada konstruksi bangunan tersebut mulai dari pemodelan penulangan pondasi poer pelat, penulangan sloef, penulangan kolom, penulangan balok utama, penulangan balok induk, penulangan pelat beton dan pemodelan konstruksi dinding.

Harapan keduanya adalah kiranya ke depan pihaknya diberikan kesempatan oleh pemerintah dalam menerapkan inovasi temuan mereka khususnya pada pemerintah kabupaten Konsel.

Sebagai seorang Ilmuwan dalam bidang inivasi konstruksi, mereka memiliki puluhan inovasi di antaranya inovasi konstruksi gedung berlantai tinggi, inovasi konstruksi dermaga, konstruksi jembatan, konstruksi runway bandara.

Inovasi rumah apung tahan tsunami, inovasi hunian teknologi modern yang dapat melayang di udara saat terjadi gempa bumi dan masih banyak lagi.

“Dikemudian hari inovasi kami semoga dapat diterapkan pada pembangunan di dalam negeri bila dibutuhkan oleh pemerintah pusat pada umumnya dan pemda khususnya,” katanya.

Untuk diketahui target penyelesaian Gedung Kantor DPD Nasdem Kabupaten Konsel akan selesai dibangun di akhir Oktober 2023 sesuai dengan arahan Ketua DPD Nasdem Kabupaten Konsel Adi Jaya Putra.

Kemudian peletakkan batu pertama pembangunannya pada 17 Maret 2023 lalu dihadiri oleh Wail Ketua DPR Rahmat Gobel yang merupakan Ketua Bappilu DPP Nasdem Wilayah Sulawesi dan Gubernur Sultra Ali Mazi, Bupati Konsel Surunuddin Dangga serta dihadiri oleh para pejabat Nasdem lainnya. (*)

 


Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini