Pemberdayaan Ekonomi Lokal, ANTAM Tbk Laksanakan Pelatihan dan Studi Banding Pertanian

9
Pemberdayaan Ekonomi Lokal, ANTAM Tbk Laksanakan Pelatihan dan Studi Banding Pertanian
PT ANTAM Tbk bersama Pemerintah Kecamatan Molawe dan Lasolo Kepulauan mengikuti pelatihan pemanfaatan lahan hutan dan eks lahan tambang. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID – PT ANTAM Tbk bersama Pemerintah Kecamatan Molawe dan Lasolo Kepulauan (Konawe Utara) belum lama ini mengikuti pelatihan pemanfaatan lahan hutan dan eks lahan tambang dengan menggunakan tanaman minyak atsiri di Bali selama 3 hari pada tanggal 01-03 November 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dewan Atsiri Indonesia (DAI) yang merupakan wadah agrobisnis dan agroindustri berbasis minyak atsiri.

Kegiatan pelatihan yang berjalan selama 3 hari tersebut memberikan tambahan pengetahuan dan wawasaan pengelolaan lahan hutan dan eks lahan tambang berupa tanaman produktif tanaman minyak atsiri dan pengolahan minyak atsiri menjadi beberapa produk turunan antara lain parfum, minyak kayu putih, minyak telon dan lain-lain yang merupakan industri hilir dari pengelolaan minyak atsiri tersebut.

Bahrun selaku Camat Molawe Kabupaten Konawe Utara menyambut hangat kegiatan-kegiatan capacity building seperti ini dan berharap dapat diterapkan dalam pengembangan ekonomi berbasis sumberdaya lokal di sekitar wilayah operasi tambang ANTAM khususnya di Kecamatan Molawe dan Lasolo Kepulauan.

Hamrin selaku Camat Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara menimpali “kita harap ke depannya PT ANTAM akan terus bersinergi dengan pemerintah khususnya kecamatan dalam program yang serupa dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekiitar wilayah tambang.

BACA JUGA :  Pilkada Konut 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Selanjutnya VP ER & CSR ANTAM, Agustinus Toko Susetio menyampaikan bahwa ANTAM berupaya untuk melibatkan dan bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat.

Program pelatihan ini diharapkan dapat menjadi awal dalam pengembangan ekonomi berbasis sumber daya lokal, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar wilayah operasi ANTAM. Bersama dengan para stakeholder, ANTAM berharap dapat bersinergi dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri, dan berkelanjutan.

Desa-desa di sekitar wilayah operasi pertambangan ANTAM memiliki potensi sumber daya alam lainnya seperti potensi pertanian, peternakan dan perikanan, perkebunan dan kehutanan yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya dalam mewujudkan hal tersebut.

Selanjutnya pada Tanggal 28-30 November 2023, ANTAM juga melakukan program peningkatan kapasitas SDM berupa studi banding dan pelatihan pembibitan tanaman kehutanan bagi masyarakat Desa Tapunopaka di Model Kampung Konservasi (MKK) Cisangku Bogor.

MKK Cisangku adalah salah satu kelompok masyarakat binaan PT ANTAM Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor yang sudah berhasil mengembangkan beberapa Usaha berbasis konservasi antara lain: ekowisata, pembibitan tanaman kehutanan, budi daya dan pengolahan kopi.

BACA JUGA :  Dikbud Konut Gelar Bimtek Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bagi Siswa

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala dan Sekretaris Desa Tapunopaka, Ketua Bumdes Tapunopaka, Ketua BPD Desa Tapunopaka, Ketuan LPM Desa Tapunopaka dan Ketua Karang Taruna Desa tapunopaka.

Kepala Desa Tapunopaka, Basrun, menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan dan studi banding ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat Desa Tapunopaka dalam memanfaatkan potensi desanya, khususnya dalam penyediaan bibit tanaman yang akan digunakan untuk melakukan reklamasi lahan bekas tambang.

VP ER & CSR PT ANTAM Tbk North Konawe Region menjelaskan bahwa dalam melaksanakan reklamasi lahan bekas tambang terdapat beberapa kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh masyarakat desa di sekitar wiayah operasi tambang seperti bibit, pupuk, coconet, tenaga kerja dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Dengan konsep pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan reklamasi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan, membuka lapangan kerja dan peluang Usaha bagi Masyarakat lokal. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini