Pemda Wakatobi Ajak Masyarakat Makan Ikan Bakar Gratis di Acara Wakatobi Wave 2023

37
Staf Khusus Bupati Wakatobi bidang Ekonomi Kreatif Idris Mandati
Idris Mandati

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI-Pemerintah Daerah Wakatobi mengajak seluruh masyarakatnya untuk makan gratis bersama pada pukul 17.00 Wita di pelataran Marina Togo Mowondu pada Minggu (5/11/2023) besok.

Bazar kuliner itu adalah rangkaian dari acara Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) tahun 2023, yang dalam agendanya memanjakan masyarakatnya dengan berbagai pertunjukan.

Di antaranya pertunjukan seni, atraksi budaya, musik, kuliner, pameran produk ekonomi kreatif, pasar murah, sembako gratis dan berbagai hiburan lainnya.

Staf Khusus Bupati Wakatobi bidang Ekonomi Kreatif Idris Mandati menyampaikan, mereka memprioritaskan rakyat karena memang acara itu untuk rakyat, sehingga tidak dipungut biaya sepeser pun untuk makan soami, luluta (nasi bambu), dan ikan bakar.

“Karena ini pesta rakyat, silakan masyarakat datang dari semua lapisan dengan catatan. Pertama kita jaga ketertiban, begitu juga parkiran akan tetap kita konsisten pada areal yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Kemudian kita jangan membuang sampah plastik di laut. Usahakan cari tempat sampahnya,” terangnya di Wangiwangi, Sabtu (4/11/2023)

BACA JUGA :  Di Forum Internasional, Haliana Minta Pendidikan Konservasi Dikembalikan

Idris Mandati menambahkan, Wakatobi Wave adalah kalender tahunan, yang menjadi salah satu agenda dalam Kalender Event Nasional (KEN). Selama ini kegiatan Wave berjalan sesuai harapan.

“Tetapi untuk tahun ini kita memberikan warna tersendiri dalam pelaksanaan Wave. Salah satunya itu kita coba mendorong untuk bazar kuliner gratis. Di bazar ini kita coba menyajikan kuliner khas Wakatobi dan ini familiar di masyarakat kita yaitu soami, luluta ditambah dengan ikan bakar,” ungkapnya.

“Soami ini kita coba maksimalkan di angka 600 sampai 700 buah saya kira, ditambah dengan luluta katakanlah sampai 1.000 luluta insyaallah bisa cukuplah,” sambungnya.

Idris mengungkapkan, maksud acara itu sebenarnya adalah memberikan satu pesan jika Wakatobi kaya akan potensi kuliner lokalnya. Potensi itulah yang harus dihadirkan, supaya masyarakat ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Wakatobi Wave.

BACA JUGA :  Pesawat Airbus 320-200 NEO Segera Mengudara di Wakatobi

Di samping itu, kata dia, ada suasana lain yang coba ditampilkan di bazar kuliner tersebut yakni suasana pesta rakyatnya. Ketika berbicara pesta rakyat pasti ada panggung hiburannya. Bukan hanya sekadar kuliner yang didorong, namun potensi penyanyi-penyanyi dan seniman lokal di daerah.

“Yang sekarang lagi trend juga ini di sosial media dengan istilah Arafiq Kaledupa, kita coba hadirkan dia untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang ada di Wakatobi. Begitu juga ada salah satu artis juga dari KDI itu akan ikut meramaikan kegiatan kuliner gratis pada hari Minggu itu,” jelasnya. (B)

 


Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini