Pemerintah Salurkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah untuk 219.428 KPM di Sultra

24
Pemerintah Salurkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah untuk 219.428 KPM di Sultra
pelepasan beras CPP untuk masyarakat Sultra.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah melalui Penjabat Gubernur (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto bersama Bulog dan stakeholder terkait menyalurkan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk 219.428 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sultra.

Pelepasan beras CPP tersebut dilakukan dari gudang Bulog Punggaloba, Kendari pada Selasa (30/1/2024) dan akan didistribusikan ke 17 kabupaten/kota. Jumlah beras yang disalurkan tersebut sebanyak 13.165,68 ton untuk 6 bulan.

Andap berharap beras CPP tidak disalahgunakan dan benar-benar jatuh pada KPM dengan baik dan tepat sasaran. Pasalnya, penyaluran beras CPP tersebut merupakan salah satu cara untuk menekan inflasi di wilayah Sultra.

“Kegiatan ini didasari UUD 1945 yaitu terpenuhinya hak konstitusional masyarakat berupa pangan. Sehingga, diharapkan masyarakat tidak terdampak pada fluktuasi harga yang ada,” ungkap Andap.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bulog Sultra, Sitti Mardati Saing mengatakan bahwa masing-masing KPM akan menerima 10 kg setiap bulannya. Ia mengaku bahwa penyaluran saat ini adalah tahap pertama untuk periode Januari hingga Maret 2024.

Untuk tahap kedua akan disalurkan pada periode April hingga Juni 2024 mendatang. Data jumlah KPM tersebut dikatakannya diperoleh dari Kemenko PMK.

“Karena datanya berbeda dengan tahun 2023, sehingga membutuhkan waktu untuk verifikasi dan validasi datanya namun telah dirampungkan sehingga tinggal penyaluran saja,” tutur Sitti. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini