Pemilih Disabilitas di Kendari Capai 883 Orang, KPU Fokuskan Sosialisasi

62
Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisi Masyarakat dan SDM KPU Kendari, Arwah
Arwah

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Jumlah pemilih disabilitas di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bisa berpartisipasi pada perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tercatat mencapai 883 orang.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisi Masyarakat dan SDM KPU Kendari, Arwah, mengatakan, jumlah tersebut sesuai dengan data yang ada saat ini di 11 kecamatan yang ada di Kota Kendari.

Adapun sebarannya yaitu di Kecamatan Abeli 49 orang, Baruga 39 orang, Kadia 76 orang, Kambu 53 orang, Kendari 126 orang, Kendari Barat 165 orang, Mandonga 119 orang, Nambo 34 orang, Poasia 59 orang, Puuwatu 105 orang, dan Wuawua 58 orang.

BACA JUGA :  Partai NasDem Berikan Rekomendasi ke La Ode Darwin Maju di Pilkda Mubar

Kata Arwah, mengingat jumlah yang tidak sedikit tersebut, saat ini KPU Kendari terus melakukan sosialisasi pada penyandang disabilitas untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu nanti. Pasalnya, pada prinsipnya penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan warga negara lain.

“Kami mengoptimalkan sosialisasi kepada penyandang disabilitas untuk menggunakan hak suaranya pada pemilu 2024 mendatang,” ucapnya di Kendari pada Senin (11/9/2023).

Arwah mengatakan, sosialisasi kepada penyandang disabilitas tersebut dilakukan secara tatap muka. Adapun beberapa hal yang dilakukan dalam sosialisasi tersebut adalah penjelasan terkait tahapan pemilu, partai-partai, dan siapa saja para calon yang akan menjadi pilihan untuk dipilih.

BACA JUGA :  Partai NasDem Berikan Rekomendasi ke La Ode Darwin Maju di Pilkda Mubar

KPU Kendari juga akan memprogramkan sosialisasi simulasi dalam pemilihan dan pemungutan suara, sehingga para penyandang disabilitas tidak merasa kesulitan pada saat melakukan pemungutan suara.

“Termasuk pada saat hari pencoblosan, mereka bisa didampingi oleh keluarganya atau pendampingan dalam hal ini KPPS dalam melakukan pemilihan,” tutur Arwah. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini