Pemkab Mubar Siapkan Rp44 Miliar untuk Pilkada 2024

Pemkab Mubar Siapkan Rp44 Miliar untuk Pilkada 2024
NPHD - Pj Bupati Mubar, bersama Ketua KPU Mubar, La Tajudin dan Ketua Bawaslu Mubar, Awaluddin Usa saat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai dukungan pelaksanaan Pilkada 2024, di aula kantor bupati, Jumat (3/11/2023). (Kasman/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai dukungan pelaksanaan Pilkada 2024, di aula kantor bupati, Jumat (3/11/2023).

Pj Bupati Mubar, Bahri mengungkapkan pendanaan penyelenggaraan dan pengawasan hingga pengamanan pada Pilkada 2024 telah disepakati antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Muna Barat bersama KPU dan Bawaslu serta TNI/Polri. Untuk itu, Pemkab Mubar menyiapkan anggaran sebesar Rp44.085.796.000.

“Kita (Pemkab Mubar) sudah menandatangani NPHD bersama KPU dan Bawaslu. Untuk pendanaan Pilkada 2024, kita siapkan Rp44 miliar lebih yang meliputi KPU menerima Rp28,667 miliar, Bawaslu menerima Rp10,218 miliar, Polri menerima Rp4 miliar dan TNI menerima Rp1,2 miliar,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri.

BACA JUGA :  Warga Mekar Jaya Mubar Kumpul Iuran Bantu Kontraktor Siram Jalan Berdebu

Kata Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Kemendagri ini, pendanaan Pilkada ini dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2023 dan APBD tahun 2024. Ia menjelaskan pendanaan Pilkada ini telah diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 10 Tahun 2016, yang mana pendanaan pilkada ini dibebankan pada APBD.

Sementara itu, Ketua KPU Mubar, La Tajudin memberikan apresiasi kepada Pemkab Mubar melalui Pj Bupati Mubar, yang telah menganggarkan pendanaan pilkada 2024. Menurutnya, pendanaan pilkada ini salah satu keseriusan Pj Bupati Mubar dalam mensukseskan agenda nasional baik pemilu maupun pilkada.

BACA JUGA :  Sambut HGN, PGRI Mubar Gelar Porseni Tingkat Kabupaten

Pemkab Mubar Siapkan Rp44 Miliar untuk Pilkada 2024

“Kami (KPU Mubar) mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap dukungan Pj Bupati Mubar, Bahri yang telah memberikan dukungan serius dalam mensukseskan Pilkada di Mubar ini,” ungkapnya.

Ketua Bawaslu Mubar, Awaluddin Usa mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas respon cepat dari Pj Bupati Mubar, Bahri yang telah memberikan pendanaan pilkada 2024 ini. Bentuk keseriusan Pemkab Mubar dalam mensukseskan agenda nasional ini ditindaklanjuti dengan penandatanganan NPHD.

“Jadi, kami (Bawaslu Mubar) mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pj Bupati Mubar, Bahri atas dukungan pendanaan Pilkada 2024 ini,” ucapnya. (B)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini