Pemkab Mubar Terima 16 Dokter Internship dari Kemenkes

245
Pemkab Mubar Terima 16 Dokter Internship dari Kemenkes
Pj Bupati Mubar, Bahri saat menerima 17 dokter yang mengikuti program internship dokter Indonesia (PIDI) dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, yang dilaksanakan di halaman kantor bupati, Senin (5/6/2023). (Kasman/ZONASULTRA.ID).

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) menerima 16 dokter yang mengikuti program internship dokter Indonesia (PIDI) dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Ke-16 dokter ini diterima langsung oleh Pj Bupati Mubar, Bahri didampingi Sekda Mubar, LM Husein Tali, Kadis Kesehatan Mubar, La Ode Mahajaya dan Direktur RSUD Mubar, dr Muh Syahrir Fitrah, yang dilaksanakan di halaman kantor bupati, Senin (5/6/2023).

Secara simbolis Pj Bupati Mubar, Bahri memasangkan pin kepada 16 dokter pertanda mereka telah diterima bertugas di Mubar.

Pj Bupati Mubar, Bahri mengucapkan terima kasih kepada Kemenkes kembali memilih Mubar sebagai salah satu daerah yang mendapatkan program internship dokter Indonesia.

Lanjut dia, 16 dokter internship ini akan ditempatkan dibeberapa puskesmas dan RSUD Mubar.

“Kita ucapkan selamat datang di Mubar kepada 16 dokter internship. Saya berharap 16 dokter ini dapat mengabdikan dirinya untuk masyarakat Mubar,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri.

Semua dokter internship ini akan bertugas di Mubar selama satu tahun. Pemkab Mubar juga akan memberikan intensif kepada 16 dokter tersebut.

Sementara itu, Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, La Ode Mahajaya menjelaskan sebelumnya Pemkab Mubar melalui Dinkes Mubar mengajukan permohonan kepada Kemenkes agar Mubar dapat dijadikan salah satu wahana PIDI ini.

“Mereka akan bertugas selama satu tahun di Mubar dan akan ditempatkan di tiga wahana yakni puskesmas Bero, Tondasi dan Guali, dan RSUD Mubar,” ungkapnya.

Kata Mahajaya, penugasan para dokter internship ini sudah ditentukan dari Kemenkes berdasarkan permohonan yang diajukan oleh Pemkab Mubar. Lanjut dia, mereka nantinya akan bertugas selama enam bulan di puskesmas dan enam bulan berikutnya di RSUD Mubar.

Ia menjelaskan dokter internship ini merupakan dokter yang baru selesai pendidikan dan oleh Kemenkes diberi kewenangan praktek sebagai Dokter selama satu tahun di tempat mereka ditugaskan. Tujuan pelaksanaan program ini untuk pemahiran dan pemandirian dokter setelah lulus pendidikan dokter agar dapat penyelaraskan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan, sehingga ke depan para dokter tersebut sudah siap dan mahir ketika melakukan praktik mandiri. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini