Pemkot Kendari Komitmen Pengelolaan Sampah di TPA Puuwatu Kembali Baik dan Teratur

162
Pemkot Kendari Komitmen Pengelolaan Sampah di TPA Puuwatu Kembali Baik dan Teratur
Pemerintah kota (Pemkot) Kendari meninjau langsung lokasi Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah yang berada di kecamatan Puuwatu Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (23/5/2023). (C2/ZONASULTRA.ID).

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu meninjau langsung lokasi Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah yang berada di Kecamatan Puuwatu, Selasa (23/5/2023).

Asmawa Tosepu Wali melihat langsung cara pengelolaan sampah, mulai dari proses pengangkutan dari truk sampah hingga pembongkaran sampah di tempat penampungan.

“Komitmen kita kembali menghidupkan TPA seperti sepuluh tahun yang lalu. Bagaimana pengelolaan sampahnya bisa lebih baik dan teratur,” katanya.

Asmawa melanjutkan, ke depan pihaknya bakal menjajal kerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang ada di Kota Kendari.

BACA JUGA :  UMW Kendari Gelar Halal Bihalal untuk Mengukuhkan Silahturahmi Antar Sesama

Sampah-sampah dari hotel dan restoran bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kompos, jadi itu salah satu hasil peninjauan kita hari ini dan mudah-mudahan segera bisa kita realisasikan,” ujar Asmawa Tosepu, ditemui usai peninjauan langsung di TPA Puuwatu.

Tim evaluator memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Kendari tentang bagaimana mengembalikan kejayaan TPA Puuwatu Kendari di sepuluh tahun yang lalu, agar bisa betul-betul kembali berjaya, sehingga menjadi referensi bagi daerah lain di Indonesia terkait pengelolaan sampah.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Nismawati mengatakan, pengelolaan sampah di TPA Puuwatu setidaknya harus menyediakan alat berat jenis D6 satu unit, alat berat D3 dua unit serta kompaktor untuk memadatkan sampah.

BACA JUGA :  Tim PKM UMW Kendari, Berhasil Lolos Pendanaan Terbanyak Se-Sulawesi Tenggara 2024

“Kompaktornya kita untuk memadatkan sampah itu sudah tua, jadi memang harus dilengkapi semua itu supaya pengelolaan sampah seperti yang disampaikan Pak Wali tadi kembali seperti 10 tahun yang lalu,” katanya.

Dalam kunjungan di TPA Puuwatu, hadir juga Sekda Kota Kendari, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari, Kabag Protokol, sejumlah kepala bidang di DLHK dan sekcam serta Lurah Puuwatu. (B)

Kontributor: C2
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini