Pemkot Kendari Terima Kontainer Sampah dan 100 Bibit Pohon dari Bank Danamon

Pemkot Kendari Terima Kontainer Sampah dan 100 Bibit Pohon dari Bank Danamon
Seremoni penyerahan pohon dan kontainer secara simbolis yang diadakan oleh Danamon pada Sabtu (2/12/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima kontainer sampah dan 100 bibit pohon dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) di Kendari pada Sabtu (2/12/2023).

Penyerahan pohon dan kontainer secara simbolis dilakukan oleh Area Manager Danamon Region Sulampua, Merlin Maya Lumangkun kepada Pj Walikota Kendari yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Muhammad Saiful disaksikan oleh Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM Kendari, Alda Kesutan Lapae serta Sekdis Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Muhammad Saiful mengatakan bahwa penanaman bibit pohon dan penyebaran tempat sampah akan dilakukan di tujuh pasar di bawah pengelolaan Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kota Kendari.

“Kita akan sebar di Pasar Baruga, Pasar Baru Wuawua, Pasar Sentral Anduonohu, Pasar Lapulu, Pasar Sentral Kota, Pasar Mandonga, dan Paddy’s Market,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Jelang Hari Juang TNI AD, 658 Personel Gabungan Tanam Pohon di Kolam Retensi Kendari

Ia menyebut bahwa posisi pasar sebagai pusat ekonomi dan interaksi sosial di sebuah daerah sehingga kondisi pasar yang bersih dan nyaman sangat penting. Sebab kebersihan dan kenyamanan pasar menjadi faktor utama yang mempengaruhi minat konsumen untuk berbelanja di sana.

Selain itu, pasar juga menjadi fokus dalam upaya mendorong pembangunan berkelanjutan. Dengan menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar, masyarakat akan lebih tertarik untuk berbelanja, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan berkontribusi pada pengurangan emisi karbon.

Sementara itu, Regional Corporate Officer Danamon Sulampua, Chiau Winarto mengatakan bahwa pemberian bibit pohon dan kontainer sampah tersebut sebagai inisiatif Bank Danamon untuk mengurangi emisi karbon melalui program “Danamon Peduli”.

BACA JUGA :  Jelang Nataru, KSOP Kendari Buka Posko Terpadu

Kata dia, Danamon telah lama menjalin kemitraan dengan komunitas pasar dan melihat peluang untuk membangun aspek keberlanjutan di pasar melalui kegiatan peduli lingkungan.

“Program Peduli Lingkungan 2023 ini merupakan bukti komitmen Danamon dalam mendukung pengembangan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” ucap Chiau.

Ia berharap kegiatan peduli lingkungan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi pasar-pasar di Kendari, tetapi juga bagi seluruh komunitas dan lingkungan sekitarnya.

Chiau menyebut penanaman pohon dan pengadaan kontainer sampah adalah langkah konkret dalam menjaga kebersihan dan keindahan pasar, serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang tepat. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini