Pemprov dan BPS Luncurkan Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap I

15
Pemprov dan BPS Luncurkan Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap I
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (Kiri) didampingi Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti. (Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melauncurkan hasil sensus pertanian 2023 tahap I di ruang pola Kantor Gubernur Sultra pada Senin (4/12/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto mengatakan bahwa setelah diluncurkan, masyarakat bisa membuka website BPS dengan banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain itu, pihaknya juga melakukan penyebarluasan berbagai informasi yang terkait dengan hasil sensus pertanian tahun 2023 (ST 2023).

“Pemerintah provinsi, kabupaten kota bisa mengidentifikasikan apa saja sih permasalahan di tempat kita menyangkut masalah pertanian, sebut saja masalah pupuk, alat pertanian, kemudian bagaimana juga lahannya, modalnya, dan lain sebagainya,” ucap Andap.

Mantan Kapolda Sultra itu mengatakan bahwa dengan data yang digunakan tersebut, dapat mewujudkan ketahanan pangan dan petani yang lebih sejahtera. Sehingga, memberikan kontribusi di dalam pembangunan nasional yang ada di Sultra.

Kepala BPS Sultra, Agus Widiastuti mengatakan bahwa data hasil sensus pertanian tahap I akan berakhir pada April 2024. Hasil tersebut dapat dimanfaatkan untuk targeting.

“Misalnya pembagian pupuk, bibit, jadi kita juga tahu mana petani-petani yang lahannya di bawah 0,5 hektare. Itulah target-target sehingga Pemda tidak salah sasaran dalam menentukan program,” ucapnya.

Kata dia, di Sultra untuk Usaha Petani Perorangan (UTP) ada sekitar 349.855, Perusahaan Pertanian Berbadan Hukum (UPB) 44, Usaha Pertanian Lainnya (UTL) 51 yang dikelola oleh Lapas, pesantren dan lainnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini