Pemprov Sultra Bakal Gelar Roadshow Literasi di 4 Daerah

104
Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Perpustakaan Sultra, Nurlena Harahap
Nurlena Harahap

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menggelar roadshow literasi di 4 daerah pada Juli 2023 ini.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Perpustakaan Sultra, Nurlena Harahap mengatakan bahwa roadshow tersebut dilakukan untuk meningkatkan budaya baca dan literasi masyarakat Sultra.

Kegiatan tersebut bakal digelar di empat kabupaten kota di Sultra yaitu Kabupaten Kolaka, Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel), dan Kota Kendari.

“Roadshow literasi ini kami rencanakan untuk digelar keseluruhan pada Juli 2023 ini. Ini akan menjadi kegiatan rutin tiap tahun,” ucapnya di Kendari pada Selasa (18/7/2023).

Pada radshow literasi tersebut, Dinas Perpustakaan Sultra menggandeng stakeholder terkait untuk melakukan sosialisasi terkait program prioritas perpustakaan nasional, seperti tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Kata Nurlena, sebagai rangkaian dari roadshow itu, pihaknya juga menggelar lomba karya tulis ilmiah untuk tingkat mahasiswa, lomba pidato kebangsaan, dan lomba puisi untuk pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Ia harap, melalui roadshow literasi itu dapat mengubah paradigma masyarakat pada umumnya tentang perpustakaan. Sehingga, masyarakat bisa tahu bahwa perpustakaan bukan hanya tempat untuk membaca dan meminjam buku untuk orang tertentu.

Perpustakaan telah menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk datang berkunjung dan menggunakan segala fasilitas yang ada di perpustakaan tersebut, yang berbasis teknologi informasi. Ia harap perpustakaan menjadi ruang belajar yang konseptual, ruang berbagi pengalaman, ruang berlatih keterampilan, dan sebagainya.

“Tentunya, agar masyarakat menjadi berpengetahuan, bisa melakukan kreasi inovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup,” tutur Nurlena. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini