Pemprov Sultra Bakal Gunakan Aspal Buton untuk Jalan Toronipa Sepanjang 4 Km

59
Pemprov Sultra Bakal Gunakan Aspal Buton untuk Jalan Toronipa Sepanjang 4 Km
Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul (Kanan) didampingi Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Harmunadin (kiri). (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menggunakan aspal Buton untuk jalan wisata Kendari-Toronipa sepanjang 4 kilometer (km) pada 2023.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra Pahri Yamsul mengatakan, progres rencana pengaspalan jalan Kendari-Toronipa saat ini tengah memasuki tahap komunikasi dengan produsen aspal murni PT Kartika Prima di Desa Lawele, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton.

“Di mulai dari bundaran Toronipa sampai sepanjang 4 km,” ungkap Pahri Yamsul di Kendari pada Rabu (27/9/2023).

BACA JUGA :  Kapolda Sultra Ingatkan Jajaran untuk Profesional dan Netral di Pemilu

Pemakaian aspal Buton murni tersebut diakui sejalan dengan komitmen pemerintah dalam rangka mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri (TKDN). Pengaspalan tersebut sudah berjalan kontraknya mulai dari Agustus sampai Desember 2023.

Penggunaan aspal Buton di Sultra yang berkaitan dengan program produk dalam negeri selain jalan Kendari-Toronipa, Pemprov Sultra juga akan menggunakan untuk jalan-jalan provinsi kurang lebih 40 Km.

BACA JUGA :  Mengenal Quick Count, Benarkah Akurat?

Kata Pahri, jalan yang menjadi gawean provinsi akan terus dibenahi. Berdasarkan data yang ada, jalan provinsi di wilayah Sultra kurang lebih 1.065 km. Dari total tersebut, tercatat sekitar 300 km yang mengalami kerusakan dan telah menjadi skala prioritas.

“Jadi sekarang kita survei secara menyeluruh jalan-jalan mana yang betul urgen kita kerjakan karena anggaran kita sangat terbatas,” tuturnya. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini