Pemprov Sultra Diapresiasi Kemenperin Atas Pertumbuhan Industrinya

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra Sitti Saleha
Sitti Saleha

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan apresiasi berupa penghargaan Resilience and Sustainable Industry kategori Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Desember 2023 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sultra diwakili Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra Sitti Saleha.

Sitti Saleha mengatakan bahwa penghargaan itu diberikan tanpa indikator penilaian yang disampaikan sebelumnya, namun ditunjuk berdasarkan pertumbuhan industri atas kinerja dan dukungan pemerintahnya.

“Apresiasi ini mendorong Pemprov Sultra untuk terus berperan aktif dalam mendukung perkembangan sektor industri yang berkelanjutan dan tangguh di wilayah Sultra,” ungkapnya saat ditemui di kantornya pada Jumat (05/01/2023).

BACA JUGA :  Pj Gubernur Sultra Apresiasi 2 Perusahaan yang Buka Lowongan Kerja untuk Disabilitas

Ia menyebut bahwa dukungan pembangunan industri oleh Pemprov Sultra terlihat dari WPPI penetapan Kawasan Peruntukan Industri (KPI) dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sultra.

Pihaknya juga mendukung pembangunan industri melalui program pengembangan industri di WPPI melalui alokasi anggaran APBN dan APBD.

Tentunya hal tersebut sesuai dengan standar pengembangan industri yang didasari pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035.

BACA JUGA :  Andap Budhi Revianto Lantik Andi Makkawaru jadi Pj Bupati Kolaka

Pemprov Sultra mendukung implementasi pada Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) di Kabupaten Kolaka, Konawe, Konawe Utara (Konut), Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dan Kota Kendari.

Kata Sitti Saleha, Pemprov Sultra berkomitmen untuk mendukung penuh program serta kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah pusat dalam memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi di Sultra.

“Kami berkomitmen untuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah pusat yang dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam penciptaan lapangan kerja atau penyerapan tenaga kerja,” tuturnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini