Penting, Syarat yang Perlu Dibawa Saat Tes UTBK 2019

749
Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka Ruslin Hadanu
Ruslin Hadanu

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Panitia Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka masih menemukan ada peserta ujian yang tidak membawa persyaratan lengkap pada saat mengikuti tes.

Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka Ruslin Hadanu mengatakan, panitia masih menemukan peserta yang tidak membawa syarat seperti ijazah dan kartu pendaftaran UTBK saat tes. Padahal, itu menjadi syaratmengiku ti UTBK SBMPTN 2019.

Sebutnya, syarat yang harus dibawa peserta pada saat tes seperti kartu pendaftaran UTBK, fotokopi ijazah yang dilegalisir bagi lulusan 2017 dan 2018, membawa surat keterangan sementara kelas XII yang asli bagi angkatan 2019, dan pas foto terbaru.

Meski begitu, kata Ruslin, panitia tetap menyilakan peserta masuk mengikuti tes UTBK SBMPTN 2019. Barulah setelah selesai mengikuti ujian, peserta diminta melengkapi syaratnya sehingga bisa divalidasi. Bila ditemukan tidak sesuai dengan datanya, maka dibatalkan.

Baca Juga : Ini Jadwal Pengumuman Hasil Tes UTBK SBMPTN 2019

“Kita masih soft, tidak terlalu ketat. Tapi kita tetap minta untuk dilengkapi, dan semua memenuhi syarat. Kita biarkan dulu masuk ujian, biar tidak menggangu konsentrasi peserta,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/4/2019).

Selain memeriksa kelengkapan syarat, panitia juga akan mencocokkan foto yang dibawa dengan wajah peserta yang mengikuti tes UTBK SBMPTN 2019. Apabila peserta bercadar, maka akan tetap diperiksa oleh panitia perempuan.

“Ini hanya untuk mencocokkan apakah peserta yang mengikuti ujian dengan foto yang ia sertakan memiliki kecocokan,” tambahnya.

Ruslin mengimbau agar peserta UTBK SBMPTN 2019, pada jadwal berikutnya agar tidak lupa membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Adapun jadwal tes UTBK SBMPTN 2019 di USN Kolaka pada 27 April, 28 April, 4 Mei, 11 Mei, 12 Mei, 18 Mei, 25 Mei, dan 26 Mei 2019.

Sementara pengumuman hasil tes UTBK SBMPTN 2019 paling lambat disampaikan 10 hari setelah dilaksanakan tes. Jadwal pengumuman tes pada 7 Mei, 8 Mei, 14 Mei, 21 Mei, 22 Mei, dan 28 Mei, kemudian 1 dan 2 Juni 2019. Peserta bisa melihat pengumuman dengan mengakses laman lembaga tes masuk perguruan tinggi (https://www.ltmpt.ac.id). (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini