ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Pertamina (Persero) Regional Sulawesi menjamin stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG aman menjelang lebaran idul fitri 2021 melalui giat distribusi, melayani, mendedukasi dan berbagi kepada masyarakat melalui satuan tugas (Satgas) yang di bentuk.
Executive General Manager (GM) Pertamina (Persero) Regional Sulawesi, Rama Suhut mengatakan bahwa hal ini sebagai bentuk siaga dari Pertamina. Kata dia, satgas tersebut dibentuk dan bertugas mulai pada tanggal (26/04/2021) sampai (30/05/2021).
” Pertamina memiliki pola supply alternatif ketika terjadi Bencana dan Kondisi Emergency lainnya. Sehingga stok BBM dan LPG dipastikan tetap terjaga,” ucap Rama dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (7/5/2021).
Dalam mendistribusi, pertamina menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat berupa titik SPBU yang menjadi jalur utama wisata dan jauh dari supply point , memastikan stok produk BBM dan LPG dalam kondisi aman baik di Terminal BBM maupun terminal LPG. Menyiagakan Outlet Produk Unggulan (Pertamax Turbo & Pertamina Dex) di setiap Kabupaten/Kota.
Selain itu, kesiapan Satgas 2021 berupa Layanan BBM, berupa 448 SPBU Reguler, 3 SPBU COCO, 12 CODO, 22 SPBU Mini / Modular, 124 SPBU Kompak, 81 SPBUN. Juga ada Layanan LPG, berupa 42 SPBBE, 290 Agen PSO Siaga, 67 Agen NPSO Siaga, 3.400 Pangkalan Siaga dan Layanan Avtur berupa 7 DPPU sertra menjaga ketersediaan Pelumas di SPBU dan Sarfas Distribusi (TBBM : 17, TLPG : 7).
Pertamina juga melayani masyarakat melalui layanan tambahan BBM dan LPG berupa SPBU Kantong (13 titik), SPBE Kantong (16 titik), Mobile Dispenser/PTO (9 Unit), Pertashop (107 unit), Motor Kemasan/PDS (22 titik),BBM Satu Harga (24 titik), Layanan Cashless Payment di semua titik layanan SPBU, dan Memberlakukan Agen dan Pangkalan Siaga.
Selanjutnya, dalam mengedukasi dan berbagi pada masyarakat, Pertamina memberi Program Marketing yang terdiri dari 4 layanan berupa Layanan BBM yang terdiri dari Berbagi Berkah MyPertamina, Cashback BBK melalui MyPertamina, dan Program Langit Biru. Kemudian ada Layanan LPG berupa Pertamina Delivery Service (PDS) 135, Pinky Movement, Diskon Refill dan Trade In, Layanan Avtur (operational excellence) serta layanan Lubricants berupa Promo pembelian produk Lubricants.
Yang terakhir ada Program Berbagi yaitu Disiplin Protokol Covid-19 berupa Memastikan titik layanan sesuai protocol covid- 19 (penyemprotan desinfektan,penyediaan hand sanitizer, disiplin 3M,pengukuran suhu), Membagikan masker dan takjil secara gratis. untuk konsumen di titik layanan tertentu melakukan himbauan dan sosialiasi melalui layanan call center 135 dan layanan melalui sosial media. (b)
Penulis : M11
Editor: Ilham Surahmin