Pilkades Muna Bakal Digelar Serentak 2022

300
Pilkades Muna Bakal Digelar Serentak 2022
Rustam

ZONASULTRA.COM, RAHA – Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dijadwalkan tahun ini harus tertunda. Hal tersebut berdasarkan surat rujukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) soal penundaan tahapan Pilkades serentak.

Dalam surat dengan nomor: 141/4251/sj yang ditujukan kepada bupati dan wali kota di seluruh Indonesia. Penundaan terkait dengan angka penyebaran Covid-19 yang meningkat secara nasional akibat adanya varian Delta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam mengatakan sesuai surat dari Mendagri penundaannya dijadwalkan selama dua bulan ke depan.

“Jika kita mulai setelah dua bulan kedepan maka waktunya sangat sempit. Makanya jadwalnya ditunda hingga tahun 2021 ke depan,” terang Rustam, (16/9/2021).

Kata Rustam, rencananya tahapannya akan dimulai pada awal tahun 2022. “Cuma jadwalnya kita belum tentukan karena tahapannya maksimal diselenggarakan selama 6 bulan,” jelasnya.

Selain itu, pelaksanaannya akan dilaksanakan serentak sebanyak 124 desa. Rustam berharap pelaksanaan Pilkades dihelat pada awal tahun 2022.

“Kalau dilaksanakan sejak Januari 2022 nanti, maka bulan Juni sudah ada Kades definitif,” tambahnya. (b)


Kontributor: Nasrudin
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini