Pj Bupati Mubar Dianugerahi Gelar dari Keraton Surakarta untuk Kali Kedua

146
Pj Bupati Mubar Dianugerahi Gelar dari Keraton Surakarta untuk Kali Kedua
Gelar Kehormatan - Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri dianugerahi gelar kehormatan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT) dan istrinya Yosi Rena dianugerahi gelar kehormatan Kanjeng Mas Tumenggung Yosi Rena Marti Ningtiyas dari Keraton Surakarta Hadiningrat Solo, yang berlangsung di Sasana Narendra, Selasa (18/7/2023) malam. (Foto Istimewa).

ZONASULTRA, ID LAWORO – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri kembali dianugerahi gelar kehormatan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT) dari Keraton Surakarta Hadiningrat Solo, yang berlangsung di Sasana Narendra, Selasa (18/7/2023) malam.

Pemberian gelar kehormatan ini dilaksanakan bersamaan dengan upacara sakral kirab pusaka dan kebo kyai Slamet hari besar 1 suro.

Panitia Karaton Surakarta Hadiningrat Solo, KRAT Herman K Prasetyo Hadiningrat mengungkapkan penganugerahan gelar kehormatan ini kepada Pj Bupati Mubar, Bahri karena dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Keraton Surakarta Hadiningrat Solo.

Dimana, sebelumnya Pj Bupati Mubar, Bahri telah dianugrahi gelar ningrat Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), pada Rabu (15/2/2023) lalu. Dan sekarang, kembali dianugerahi gelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT).

“Kehadiran Pj Bupati Mubar, Bahri di Keraton Surakarta Hadiningrat Solo ini, untuk pengukuhan kenaikan tingkat gelar ningrat dari KRT naik tingkat menjadi KRAT,” ucapnya KRAT Herman K. Prasetyo Hadiningrat.

Kata dia, gelar kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono Senapati Ing Ngalanga Ngabdurrachman Sayidin Panatagama XIII, di Sasana Narendra Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pj Bupati Mubar Bahri mengucapkan terima kasih atas pemberian gelar kehormatan yang diberikan kepada dirinya oleh Keraton Surakarta ini.

Menurutnya, penganugerahan gelar kehormatan yang diterimanya merupakan suatu kebanggaan tersendiri buatnya. Apa lagi ini adalah gelar yang kedua kalinya ia terima.

“Kami mengucapkan terima kasih atas gelar kehormatan yang diberikan oleh Keraton Surakarta. Gelar kehormatan ini merupakan tanggung jawab dan amanah menjaga budaya harus dijalankan,” kata Pj Bupati Mubar, Bahri dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (19/7/2023).

Kata Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Kemendagri ini, pemberian gelar KRAT kepada dirinya tersebut menjadi motivasi untuk mengemban amanah dalam kepemimpinan di Bumi Laworoku.

Kata dia, dengan gelar ini akan menjadi penyemangat dan motivasi untuknya mengemban tugas dan amanah di Kabupaten Mubar agar lebih maju dan sejahtera.

Untuk diketahui, gelar kehormatan ini diberikan untuk tokoh maupun pemimpin yang diyakini oleh keraton mampu berkarya serta melestarikan budaya hingga menjaga keberagaman.

Selain itu, istri Pj Bupati Mubar, Yosi Rena juga ikut mendapat gelar Kanjeng Mas Tumenggung. Sehingga namanya menjadi Kanjeng Mas Tumenggung Yosi Rena Marti Ningtiyas. (B)

Kontributor : Kasman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini