Pj Bupati Mubar Hadiri ARDEX 2023 di Yogyakarta

Pj Bupati Mubar Hadiri ARDEX 2023 di Yogyakarta
Ardex 2023 - Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mubar menghadiri kegiatan ASEAN Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise (ARDEX) tahun 2023, yang dilaksanakan di Yogyakarta. (Foto istimewa)

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mubar menghadiri kegiatan ASEAN Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise (ARDEX) tahun 2023, yang dilaksanakan di Yogyakarta.

Pj Bupati Mubar, Bahri diundang menghadiri kegiatan Ardex ini sebagai salah satu observer atau pengamat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2023.

Kegiatan ARDEX ini merupakan agenda dua tahunan dengan salah satu latihan bantuan bencana berskala terbesar di ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan kerja sama antar negara-negara dalam penanggulangan bencana.

BACA JUGA :  Hasil Verifikasi Akhir, 112 Berkas Bacaleg di Mubar Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

Bahri mengatakan, bencana alam memiliki dampak yang tidak proporsional terhadap pembangunan manusia. Untuk itu, kesiapsiagaan bencana sangat penting dalam mengurangi dampak bencana, khususnya untuk menyelamatkan nyawa.

“Untuk di Mubar sendiri sering terjadi bencana alam seperti angin puting beliung dan kebakaran. Jadi, kita dapat melakukan kesiapsiagaan sejak dini terkait bencana alam ini, kita juga dapat mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana menghadapinya,” kata Bahri dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (1/8/2023).

Untuk diketahui, Indonesia siap berkolaborasi dengan semua anggota ASEAN Regional Forum (ARF) untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kawasan menuju terciptanya komunitas yang berketahanan terhadap bencana dengan 2023.

BACA JUGA :  Gandeng BNNK Muna, KNPI Mubar Gelar Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Berdasarkan pertemuan Penguatan Ketangguhan Bersama di Kawasan ASEAN pada ACDM 2022, bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelanggaraan ARDEX-2023.

Kegiatan ARDEX-2023 dilaksanakan karena beberapa hal antara lain, ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER), hasil pertemuan the 41st of the ASEAN Committee on Disaster Management (ACOM) Oktober 2022 di Bangkok, Thailand dan Indonesia sebagai Host Country Penyelenggaraan ARDEX-23. (B)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini