Pj Gubernur Rekomendasikan Kolaka Utara untuk Liburan Akhir Tahun, Berikut Destinasi Wisatanya

49
Danau Biru di Kolut, Populer Tapi Minim Fasilitas
WISATA DANAU BIRU - Destinasi wisata Danau Biru di desa Walasiho, kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra). (Rusman/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto merekomendasikan wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun.

Salah satunya adalah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Dalam keterangannya, Andap merangkum beberapa destinasi wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung di Kolut.

“Sebentar lagi liburan akhir tahun, bagi yang suka traveling, di Kolut banyak spot yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahannya,” ucapnya dalam keterangan resminya pada Kamis (14/12/2023).

Ia menyebut, pencinta olahraga alam yang ekstrem bisa mengunjungi Desa Wisata Tinukari di Kecamatan Wawo. Di lokasi tersebut, pengunjung bisa menjajal sensasi jeramnya. Pengunjung juga bisa menikmati pesona dan keindahan alam yang luar biasa dari Gunung Mekongga.

“Pengunjung bisa merasakan mendaki gunung yang tertinggi di Sultra. Sensasi dan juga pesona di tempat lainnya, dapat kamu nikmati di sana,” tambahnya.

Selain itu, di Kecamatan Wawo juga memiliki gua, danau biru, Pantai Watutoru, dan pesona panorama alam Gunung Tamborasi.

Juga ada arung jeram Sungai Ranteangin serta Gua Tapparang Pasonggi. Di lambai memiliki air terjun Roda Lapasi-pasi, Kampung Inggris Desa Raida.

Di Lasusua, pengunjung bisa menikmati panorama alam puncak Latawaro, Arung Jeram Lasusua, Pantai Berova, Rumah Karang, Kampung Kuliner, Gua Workou Watuliu, dan Pantai Pasir Putih.

Di Katoi, pengunjung dapat menikmati Pantai Tanjung Tobaku, alam bawah laut Tanjung Tobaku, Air Terjun Lambuno, dan Pemandian Wae Botoe.

Destinasi wisata lainnya juga dapat dijumpai di Ngapa dengan Gua Lawolatu, Watunohu dengan pantai pasir putih Tambuhanya, Kodeoha di Kumapo Mala-mala. Selanjutnya, di Tiwu dengan Pantai Lawadia, Mata Air Lawadia, dan air terjun Lapolu.

Di Pakue ada Pantai Delon, Pakue Tengah ada Gua Majapahit, Pakue Utara ada Pantai Bahari Pakue, Air Terjun Salumore, dan Desa Wisata Tanjung Harapan. Sementara di Batu putih ada Gua Datuk Luwu, panorama alam Lelewawo, wisata sejarah Batu Tedong, Air Terjun Museseri, dan Air Terjun Batu Putih.

“Di Tolala juga tak kalah, ada kawasan Pulau Bintang, dan panorama alam bawah laut Tolala. Atau di Porehu ada air terjun Tinuna, air terjun Sarambu, dan air terjun Tanggaruru. Ayo segera kunjungi Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, kami tunggu,” tutur Andap. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini