Poltekkes Kendari Beri Edukasi Gizi kepada Masyarakat Pesisir Soropia

48
Poltekkes Kendari Beri Edukasi Gizi kepada Masyarakat Pesisir Soropia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari memberikan edukasi terkait gizi dan kesehatan kepada masyarakat pesisir Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, tepatnya di Desa Bajo Indah, pada 6-13 Oktober 2023. Edukasi gizi ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari memberikan edukasi terkait gizi dan kesehatan kepada masyarakat pesisir Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, tepatnya di Desa Bajo Indah, pada 6-13 Oktober 2023. Edukasi gizi ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini, dosen jurusan gizi berkolaborasi dengan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kendari.

Dosen dari jurusan gizi yaitu ketua panitia Wiralis, Teguh Faturrahman, Suwarni, dan Hariani. Kemudian dosen dari jurusan kebidanan yaitu Askrening dan mahasiswa sebanyak 5 orang.

Ketua Tim, Wiralis, menjelaskan, tujuan dilaksanakan pengabdian masyarakat adalah untuk melakukan pendampingan keluarga sadar gizi (Kadarzi), yaitu suatu keluarga yang mampu mengenali dan mencegah masalah gizi setiap anggotanya.

BACA JUGA :  UPT Perpustakaan UMW Kendari Gelar Bedah Buku Penelitian Kualitatif

“Dilakukan sebagai upaya mencegah penyakit tidak menular (PTM) saat dewasa dan usia lanjut,” katanya melalui pesan WhatsApp, pada Selasa (16/10/2023).

Poltekkes Kendari Beri Edukasi Gizi kepada Masyarakat Pesisir Soropia
Askrening

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengembangkan program persiapan desa sehat dalam membantu masyarakat agar mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan pada tingkat keluarga dan desa.

Karena sejak 2020 telah dilakukan program pengabdian masyarakat secara berkelanjutan dengan berbagai program. Kemudian di tahun berikutnya ada implementasi dan program tambahan dalam bentuk pendampingan.

BACA JUGA :  Dekan FST UMW Kendari Lantik Pengurus HMPS S1 Farmasi Periode 2023-2024

“Seperti pendampingan membuat kader pos gizi untuk balita kurang gizi dan remaja putri di 2021, sanitasi wilayah pesisir di 2022 dan pendampingan kadarzi di 2023,” ungkapnya

Ia berharap masyarakat di Desa Bajo Indah bisa dapat merasakan manfaatnya mengikuti kegiatan ini. Mereka bisa meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya dalam berperan, mengatasi dan mencegah berbagai masalah gizi dan kesehatan.

“Semoga masyarakat di Desa Bajo Indah bisa menjaga kesehatan dan gizi dan dapat mempublikasikan kepada masyarakat lainnya,” harapnya. (B)

Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini