Presiden Jokowi Bakal Diundang ke Wakatobi untuk Pelaksanaan Hari Nusantara 2022

615
Presiden Jokowi Bakal Diundang ke Wakatobi untuk Pelaksanaan Hari Nusantara 2022
SURVEI-Gabungan Markas Besar (Mabes) TNI AL Republik Indonesia (RI) saat melakukan survei lokasi pelaksanaan Hari Nusantara di Kabupaten Wakatobi.

ZONASULTRA.ID, WANGIWANGI-Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) melakukan survei di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Survei itu dilakukan oleh gabungan dari Markas Besar (Mabes) TNI AL Republik Indonesia (RI) karena Kabupaten Wakatobi rencananya bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara 2022 pada tanggal 13 Desember 2022.

Tim survei tersebut dipimpin oleh Koarmada II Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji, sekaligus sebagai komandan satuan tugas pelaksanaan Hari Nusantara 2022.

Sumarji Bimoaji mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan hari Nusantara tahun 2022 pihak TNI AL juga akan mengundang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), para menteri bahkan penjabat tinggi lainnya dan juga dari TNI/Polri untuk hadir menyaksikan kegiatan hari Nusantara.

BACA JUGA :  Wakatobi Juara 2 Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan

“Kita sudah melakukan survei di dua titik awal, sekitar pelabuhan Pangulubelo termasuk Marina,”ungkap Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji di Wangiwangi, Kamis, (13/10/2022).

Kata dia, lokasi tersebut nantinya akan menjadi posisi utama podium penjabat maupun instansi. Pada rangkaian kegiatan Hari Nusantara mereka akan menampilkan beberapa atraksi.

Yang paling utama yakni atraksi sailing pass dari beberapa Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang bakal didatangkan ke Wakatobi, serta melaksanakan parade melintasi podium penjabat untuk bermanuver.

“Nanti akan ada tim terjun payung dari tim Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) TNI AL dari armada II Surabaya. Nelayan setempat juga nantinya akan mengikuti konvoi bersama KRI. Beberapa spot atau daerah yang kita survei saat ini cukup memenuhi syarat. Baik itu untuk melakukan sailing pass kemudian pengecekan situasi landing untuk penerjun cukup memadai juga,” terangnya.

BACA JUGA :  Wakatobi Juara 2 Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan

Mereka juga melakukan pengecekan di beberapa titik lain, untuk mengecek kesiapan maupun kemungkinan area lokasi yang bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan. Maupun juga bakti sosial serta survei dari dinas maritim AL, untuk tempat penanaman mangrove termaksud dengan rencana pelepasan tukik.

“Harapan kami dalam melaporkan ke pimpinan AL, ini sudah mendapatkan data komperhensif dan juga akan ada peninjauan selanjutnya,” katanya. (B)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini