Presiden Jokowi Serahkan 200 Sertifikat Tanah untuk Masyarakat Sultra

Presiden Jokowi Serahkan 200 Sertifikat Tanah untuk Masyarakat Sultra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 2,5 juta sertipikat tanah secara virtual untuk seluruh Indonesia, 200 diantaranya untuk masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (4/12/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 2,5 juta sertifikat tanah secara virtual untuk seluruh Indonesia. 200 di antaranya untuk masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (4/12/2023).

Mengawali kegiatan, Presiden menyampaikan progres penerbitan sertifikat tanah di Indonesia, serta apresiasi atas launching sertifikat elektronik yang digagas Kementerian ATR/BPN.

“Alhamdulillah, sampai dengan saat ini terdapat 109 juta sertifikat yang diterbitkan Pemerintah. Barusan saya dibisiki Pak Hadi (Menteri ATR/BPN) bahwa target tahun depan mencapai angka 120 juta sertifikat. Saya juga ucapkan selamat atas launching sertifikat elektronik sebagai digitalisasi layanan pertanahan,” kata Presiden.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto didampingi Kakanwil BPN Sultra Asep Heri mengatakan bahwa 200 sertifikat yang diserahkan terdiri dari 169 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 20 sertifikat redistribusi tanah, 1 sertifikat yang merupakan aset Pemda, 5 sertifikat tanah wakaf, dan 5 lainnya merupakan sertifikat rumah ibadah.

BACA JUGA :  Pemprov Sultra Bakal Lantik Kembali 16 Kepsek SMA/SMK yang Dinonjob

“Sertifikat merupakan wujud kepastian dan perlindungan hukum serta sebagai bukti otentik kepemilikan tanah atas kepemilikan tanah masyarakat. Oleh karena itu, haruslah dimanfaatkan secara maksimal,” ungkapnya.

Dengan adanya legalitas kepemilikan, Andap berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan secara produktif sehingga dapat meningkatkan perekonomian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sekjen Kemenkumham RI itu juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil dan jajarannya karena telah berhasil menyelesaikan 62.967 sertifikat PTSL, dan 20.563 redistribusi tanah.

BACA JUGA :  Pemprov Sultra Diapresiasi Kemenperin Atas Pertumbuhan Industrinya

Informasinya, Sultra merupakan salah satu dari 4 (empat) provinsi di Indonesia yang telah tuntas 100 persen.

Untuk itu, atas nama Pemprov Sultra, Andap mendukung Kakanwil BPN untuk mengambil langkah-langkah sertifikasi tanah di Sultra dalam rangka menyukseskan program reforma agraria yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penataan aset dan akses.

Untuk diketahui, pada tahun 2024 Kanwil BPN Sultra dalam Program Strategis Nasional (PSN) memiliki target sertifikasi tanah PTSL sebanyak 37.137 sertifikat, dan redistribusi tanah sebanyak 14.500 sertifikat. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini