Prodi Kesmas UMW Kendari Gelar Pengabdian Masyarakat di Pesantren Darul Mukhlisin

Prodi Kesmas UMW Kendari Gelar Pengabdian Masyarakat di Pesantren Darul Mukhlisin
Prodi Kesmas UMW Kendari Gelar Pengabdian Masyarakat di Pesantren Darul Mukhlisin

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan melaksanakan screening kesehatan di Pesantren Darul Mukhlisin pada Selasa (13/6/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim yang terdiri dari Leniarti Ali selaku ketua tim dan beranggotakan Ari Tjahdi, La Ode Muh.Yasmin serta melibatkan Putri Nanda Aprilia selaku mahasiswa Kesmas semester IV.

Ketua Tim, Leniarti Ali menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemantauan kesehatan dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan di kalangan santri.

Kata dia, tim PKM memberikan penyuluhan tentang gaya hidup sehat, pola makan yang seimbang, pentingnya olahraga teratur, serta upaya pencegahan penyakit melalui tindakan preventif.

BACA JUGA :  Dekan FST UMW Kendari Lantik Pengurus HMPS S1 Farmasi Periode 2023-2024

“Kegiatan PKM ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya di kalangan santri,” ucapnya pesan Whatsapp pada Minggu (18/6/2023).

Lanjut Leniarti, kegiatan PKM screening tersebut dilakukan pada siswa pesantren Darul Mukhlisin kelas 1,2 dan 3. Dengan melakukan screening kesehatan dan memberikan edukasi yang tepat, diharapkan para santri dapat menjaga kesehatan mereka dengan lebih baik.

Adapun materi yang diberikan merupakan inti dari pola hidup sehat seperti pemahaman tentang pola makan yang sehat, mengonsumsi protein yang cukup, mengonsumsi serat buah dan sayur, pilih lemak baik, minum air yang cukup, serta menerapkan pedoman gizi seimbang dan sebagainya.

BACA JUGA :  HMPS S1 Farmasi Gelar Musyawarah Besar ke-VII Guna Kembangkan Potensi Mahasiswa

Kegiatan PKM screening Kesmas UMW Kendari disambut baik dan antusias oleh pihak pesantren. Dengan harapan kegiatan semacam itu dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan di kalangan santri dan masyarakat umum.

Untuk itu, tim PKM Screening UMW Kendari berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesadaran akan pentingnya hidup sehat di kalangan santri. (C)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini