Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Berhasil Reakreditasi Jadi Baik Sekali

83
Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Berhasil Reakreditasi Jadi Baik Sekali
UMW KENDARI - Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meningkatkan akreditasnya menjadi baik sekali. Peringkat akreditasi Prodi Magister Kesmas UMW Kendari ditetapkan di Jakarta pada 9 Juni 2023. (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meningkatkan akreditasnya menjadi baik sekali.

Hal tersebut diketahui berdasarkan SK pengurus perkumpulan lembaga akreditasi mandiri pendidikan tinggi kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) tentang status, nilai, dan peringkat akreditasi Prodi Magister Kesmas UMW Kendari yang ditetapkan di Jakarta pada 9 Juni 2023.

Ketua Prodi Magister Kesmas UMW Kendari, Erwin Azizi Jayadipraja mengatakan bahwa sejak mendapatkan izin tahun 2016, pihaknya terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi tersebut. Kata dia, akreditasi awal dilakukan pada tahun 2018 yang juga merupakan wisuda perdana program magister itu.

“Sampai saat ini, dilaksanakan reakreditasi dan hasilnya kami sangat puas atas seluruh perjuangan civitas akademika di Universitas Mandala Waluya, khususnya Dekan, Rektor dan Yayasan Mandala Waluya Kendari yang selalu memberikan dukungan,” ungkapnya via pesan Whatsapp pada Sabtu (17/6/2023).

BACA JUGA :  Rektor UMW Kendari Melepas 4 Mahasiswa Terpilih Ikuti Program PMM

Lanjut Erwin, peningkatan layanan sementara direncanakan dalam lokakarya kurikulum ke depan untuk membuka ruang minat seperti rencana membuka konsentrasi Administrasi rumah sakit dan sistem informasi kesehatan atau bahkan entomologi kesehatan.

Pasalnya, saat ini konsentrasi yang ada di Prodi tersebut adalah AKK, epidemiologi, promosi kesehatan, kesehatan lingkungan dan K3, serta Gizi dan kespro. Erwin optimis akan hal tersebut, namun menurutnya memang perlu kajian dalam lokakarya kurikulum agar mampu memjawab kebutuhan bidang kesehatan masyarakat.

Dengan adanya akreditasi terbaru tersebut, pihak Prodi Magister Kesmas UMW Kendari berharap dapat meningkatkan animo mahasiswa, terlebih saat ini Prodi tersebut sedang membuka penerimaan gelombang kedua mahasiswa baru yang telah dimulai sejak 15 Juni hingga 12 Agustus 2023.

BACA JUGA :  Universitas Mandala Waluya Gelar Sosialisasi PKM Tahun 2024

“Ini berkah untuk mahasiswa, alumni, kampus, yayasan dan pendidikan di sultra. Bahwa standar kualitas layanan pendidikan di kampus kami ini khususnya Prodi Magister Kesmas atau dikenal S2 Kesmas sudah setara dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di Jawa dan Makassar,” tambahnya.

Untuk diketahui, Prodi Magister Kesmas UMW Kendari terakreditasi baik sekali dengan nilai 322. Dalam keputusannya, status tersebut berlaku selama 5 tahun dan berlaku selama proses pengelolaan dan penyelenggaraan Prodi memenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

LAM-PTKes juga akan tetap melakukan monitoring evaluasi (Monev) secara reguler sebagai bentuk pemantauan kelayakan mutu hasil akreditasi sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka status nilai, dan peringkat akreditasi terdahulu dinyatakan tidak lagi berlaku. (*)

Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini